Kompas.com - 15/09/2020, 14:36 WIB
Ilustrasi yoga KarinaUvarovaIlustrasi yoga

KOMPAS.com - Berolahraga bisa membawa banyak manfaat baik bagi ibu yang sedang hamil, dan juga jabang bayi di dalam kandungan.

Olahraga pun dipercaya bisa membantu mempersiapkan tubuh perempuan untuk pembuahan, dan terjadi kehamilan.

Para ahli dalam wadah American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), mengimbau perempuan yang sedang hamil atau pengin hamil, untuk lebih aktif secara fisik.

Alasannya, olahraga teratur membuat tubuh lebih bugar dan siap memiliki bayi dengan mengencangkan otot termasuk otot jantung.

Baca juga: Amankah Mengecat Rumah Saat Hamil?

Otot jantung penting, karena harus memompa lebih banyak darah hingga 50 persennya untuk memasok si ibu hamil, dan yang sedang tumbuh.

Olahraga juga dapat mengurangi stres. Hal ini dibuktikan dengan banyak penelitian yang menyebut stres mengganggu upaya pembuahan terbaik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, olahraga teratur pun dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat.

Hal ini penting karena kehamilan bukanlah waktu untuk mencoba dan menurunkan berat badan.

Juga, kelebihan berat badan atau obesitas selama kehamilan dapat meningkatkan risiko komplikasi, seperti diabetes gestasional dan preeklamsia.

Sebaiknya, rutinitas kebugaran sebelum hamil merupakan pilihan yang baik. Sehingga, ibu akan memiliki kebiasaan dan menjadi lebih mudah untuk mengumpulkan energi saat berolahraga lebih keras.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X