Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2020, 20:48 WIB
Gading Perkasa,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber MSN

KOMPAS.com - Untuk menjaga tubuh tetap sehat, olahraga dan aktivitas fisik sangat diperlukan.

Bahkan, orang yang memiliki penyakit diabetes juga harus berolahraga secara rutin. Dengan olahraga, kadar gula darah penderita diabetes akan relatif stabil.

Jadi, jika kita berisiko terkena diabetes, atau menderita diabetes tipe 1 dan tipe 2, olahraga bisa memberikan manfaat.

"Olahraga secara teratur sangat penting buat mereka yang punya penyakit diabetes," kata Alex Li, MD, spesialis penyakit dalam di Los Angeles, Amerika Serikat.

Baca juga: 4 Tips Pola Makan Sehat untuk Penderita Diabetes

Namun, pada penderita diabetes, olahraga dapat menimbulkan komplikasi. Sehingga, orang dengan diabetes perlu mengetahui apa saja olahraga yang bisa dilakukan.

American College of Sports Medicine dan American Diabetes Association sepakat, olahraga penting untuk membentuk kesehatan yang optimal pada penderita diabetes.

Ketika kita berolahraga, tubuh membakar glukosa atau gula darah sebagai bahan bakar. Proses inilah yang membantu menurunkan kadar gula darah.

Dengan intensitas olahraga yang lebih banyak, proses pembakaran glukosa akan meningkat dari waktu ke waktu dan memicu penurunan resistensi insulin.

Resistensi insulin adalah kondisi di mana sel-sel tubuh tidak bisa menggunakan gula darah dengan baik, karena respons sel tubuh terhadap insulin terganggu.

Resistensi ini menjadi salah satu faktor penyebab diabetes tipe 2.

Olahraga teratur juga membantu membangun otot dan mengurangi lemak. Kedua hal ini meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin.

"Olahraga dalam jangka pendek bisa menurunkan gula darah, dan untuk jangka panjang akan meningkatkan sensitivitas insulin," kata Emory Hsu, MD.

Hsu adalah ahli endokrinologi di Santa Clara Valley Medical Center di San Jose, California, AS.

Satu temuan ilmiah di tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Physical and Rehabilitation Medicine mengungkap manfaat dari olahraga teratur.

Baca juga: 7 Olahraga Terbaik untuk Penderita Diabetes

Temuan itu menyebutkan, mengikuti latihan --seperti kelas olahraga tertentu selama delapan minggu-- dapat mengurangi resistensi insulin untuk penderita diabetes tipe 2.

Rata-rata gula darah partisipan mengalami penurunan 5,12 poin usai mengikuti kelas olahraga tersebut.

Studi lain di tahun 2017 yang diterbitkan ke dalam Journal of Jiroft University of Medical Sciences juga menemukan kaitan antara olahraga rutin dengan penurunan gula darah.

Studi itu meninjau 28 wanita penderita diabetes tipe 2 selama delapan minggu.

Sebanyak 14 partisipan tidak berolahraga, sedangkan 14 orang lainnya melakukan latihan aerobik tiga kali seminggu, dan latihan ketahanan tubuh dua kali seminggu.

Halaman:
Sumber MSN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com