7 Cara Sederhana Jaga Kekebalan Tubuh Selama Pandemi

Kompas.com - 16/09/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Kasus Covid-19 belum menunjukkan adanya tanda-tanda situasi pandemi akan berakhir dalam waktu dekat. Justru, semakin banyak orang-orang di sekitar kita yang terinfeksi.

Kita memang harus waspada, antara lain dengan menjaga kebersihan dan kesehatan semaksimal mungkin agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga, dan pada akhirnya jauh dari infeksi Covid-19.

Ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan sehari-hari, namun besar dampaknya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

1. Berjemur

Vitamin D yang dihasilan dari sinar ultraviolet-B matahari dipercaya membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Meskipun Vitamin D juga bisa didapatkan dari makanan, cara terbaik untuk meningkatkan kadar vitamin tersebut adalah dengan mendapatkan sinar matahari langsung atau mengonsumsi suplemen jika mengalami kekurangan.

Baca juga: Mengapa Berjemur Matahari Penting di Masa Pandemi Covid-19?

2. Tidur cukup

Studi menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menurunkan kekuatan sistem kekebalan tubuh signifikan.

Peneliti kesehatan tidur di University of California - San Francisco, Carnegie Mellon University dan University of Pittsburgh Medical Center menguji teori ini dengan mengekspos 164 sukarelawan terhadap virus flu melalui obat tetes hidung sambil memantau tidur mereka dan mengevaluasi kebiasaan kesehatan mereka.

Ternyata, partisipan yang tidur kurang dari lima jam memiliki kemungkinan empat setengah kali lebih besar terkena flu dibandingkan mereka yang rutin tidur tujuh jam semalam.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X