Orangtua Baru Juga Perlu "Self Care"

Kompas.com - 17/09/2020, 08:42 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Belakangan ini semakin banyak pesohor yang menerapkan self care dalam keseharian mereka. Tak hanya penting untuk pekerja yang sibuk, self care alias mencintai dan merawat diri sebenarnya juga dibutuhkan oleh para orangtua baru.

Self care tidak hanya merawat fisik, tapi juga emosional. Kesibukan yang padat, adaptasi dengan peran orangtua, beban finansial, hingga tuntutan kerja, membuat orangtua baru rentan stres.

Jika kita sudah merasa bahagia, maka kita pun bisa membawa kebahagiaan untuk anak dan pasangan.

 

Berikut adalah cara-cara praktis untuk merawat diri agar kamu bisa merawat keluarga lebih baik lagi.

1. Merawat diri sendiri bukanlah tindakan egois

Mengutamakan diri sendiri sebelum  anak-anak bukanlah hal yang egois.  Bahkan dalam penerbangan, orangtua diminta untuk memakai masker oksigen sendiri terlebih dahulu sebelum membantu anak.

Dengan membuat diri lebih sehat dan bahagia, kamu bisa menjadi orangtua yang lebih perhatian dan menjaga keluarga dengan lebih baik.

Bagaimana kita bisa merawat keluarga jika kamu sendiri merasa kelelahan, kesal dan stres? Untuk itu mengedepankan perawatan diri secara fisik dan mental perlu dilakukan orangtua.

Baca juga: 6 Tips untuk Orangtua Agar Tetap Sabar Dampingi Anak Saat Belajar

2. Lakukan me time

Kecuali anak sudah memasuki usia sekolah, mungkin sulit untuk memiliki waktu sendiri (me time) yang berkualitas tanpa meminta bantuan pasangan atau anggota keluarga lainnya.

Halaman:


Sumber wonderwall
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X