Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Makanan Sehat untuk Sarapan agar Tidak Kegemukan

Kompas.com - 17/09/2020, 08:49 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Banyak jenis makanan sehat untuk sarapan pagi yang dapat membantu kita meraih berat badan ideal. Tidak hanya lezat rasanya, berbagai sarapan pagi untuk diet ini juga menyehatkan tubuh.

Saat sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, apa yang kita makan di pagi hari memiliki peranan penting. Itulah sebabnya disarankan untuk tidak asal-asalan dalam memilih jenis sarapan.

Memulai pagi dengan makanan yang tidak sehat dapat meningkatkan rasa lapar dan menghambat usaha mengecilkan perut. Namun sebaliknya, memilih makanan yang sehat untuk sarapan dapat membantu menurunkan berat badan.

Berikut beberapa ide sarapan pagi untuk diet yang lezat dan juga sehat:

1. Berbagai jenis kacang

Ilustrasi kacang-kacanganGANCINO Ilustrasi kacang-kacangan
Bagi lidah orang Indonesia, mengonsumsi berbagai jenis kacang di pagi hari akan terasa aneh. Namun jangan salah, kacang-kacangan termasuk sebagai golongan sarapan pagi untuk diet yang bisa membantu turunkan berat badan.

Sebuah riset membuktikan, 169 partisipan yang mengonsumsi kacang-kacangan dalam diet Mediterania mengalami penurunan lingkar pinggang.

Penelitian lainnya juga membuktikan, partisipan yang rutin mengonsumsi kacang almond (84 gram per hari) dalam diet rendah kalori, mengalami penurunan berat badan yang lebih signifikan dibandingkan mereka yang mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks.

Namun ingat, batasi porsi kacang-kacangan yang kita konsumsi karena makanan ini mengandung kalori yang tinggi. Cukup 28 gram kacang-kacangan saja di pagi hari. Kita juga bisa mencampurnya dengan yogurt atau granola.

Baca juga: 7 Jenis Kacang yang Sehat untuk Dimakan

2. Biji rami

Ilustrasi flaxseed atau biji ramishutterstock Ilustrasi flaxseed atau biji rami
Biji rami mengandung serat yang dapat menyerap air dan mengubahnya menjadi gel di dalam usus. Jadi, tidak mengherankan jika biji rami dapat mencegah rasa lapar berlebihan dan membantu menurunkan berat badan.

Sebuah riset kecil membuktikan bahwa mengonsumsi campuran biji rami dan air hangat dapat membuat seseorang kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebih.

Baca juga: Biji Rami Bantu Turunkan Berat Badan, Percaya?

3. Oatmeal

Ilustrasi masker oatmealshutterstock Ilustrasi masker oatmeal
Oatmeal atau haver adalah pilihan sarapan pagi untuk diet yang tak hanya lezat, tapi juga menyehatkan. Sebab, oatmeal tidak mengandung kalori yang tinggi, tetapi kaya akan serat dan protein sehingga rasa lapar pun dapat dicegah.

Baca juga: 5 Manfaat Konsumsi Oatmeal untuk Sarapan

4. Biji chia

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com