Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas Fisik Bukan Hanya Menyehatkan Tubuh, tapi Juga Mental

Kompas.com - 17/09/2020, 16:23 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Salah satu bagian penting dari gaya hidup sehat adalah aktif bergerak. Tidak jarang, dokter juga menganjurkan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dan aktif sebagai pencegahan sekaligus pengobatan penyakit.

Berjalan, berenang, berlari, bersepeda, hingga latihan kardio merupakan beberapa aktivitas fisik yang bisa mendatangkan manfaat kesehatan. Bukan saja berdampak pada kesehatan tubuh, manfaat aktivitas fisik juga dapat dirasakan pada kesehatan mental.

Aktivitas yang dimaksud tidak hanya terbatas pada olahraga, tapi juga aktivitas lain seperti mengerjakan pekerjaan rumah atau jalan santai di pagi hari, sudah bisa mendatangkan keuntungan bagi kesehatan.

Dengan melakukan aktivitas fisik, tubuh menjadi aktif bergerak dan otot pada berbagai bagian tubuh juga dapat dilatih. Hal ini membawa manfaat yang tidak sedikit bagi kesehatan.

Baca juga: Terbukti, Aktivitas Fisik Bikin Harapan Hidup Lebih Panjang

Berikut adalah beberapa manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan tubuh dan mental.

1. Mengontrol berat badan ideal

Punya berat badan ideal akan membuat tubuh terasa lebih sehat dan bugar. Banyak penelitian menunjukkan kaitan antara tubuh yang kurang gerak dengan kenaikan berat badan dan kegemukan.

Sebaliknya, semakin banyak bergerak, semakin banyak manfaat aktivitas fisik yang dapat dirasakan. Salah satunya adalah metabolisme tubuh yang meningkat sehingga dapat membakar kalori lebih banyak dan menjaga berat badan tetap ideal.

Baca juga: 5 Aktivitas Fisik Terbaik, Apa Saja?

2. Menurunkan risiko penyakit berbahaya

Badan yang kurang gerak bisa menyebabkan menumpuknya kalori dan timbunan lemak dalam tubuh. Hal ini dapat meningkatkan risiko terserang beragam penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, hingga stroke.

Aktivitas fisik dapat membantu meraih berat badan ideal sehingga menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya di kemudian hari.

Tentunya hal ini harus dibarengi dengan gaya hidup sehat lainnya, misalnya mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

3. Menjaga kesehatan tulang dan otot

Mengombinasikan asupan protein dengan jenis olahraga tertentu, misalnya angkat beban, dapat merangsang pembentukan otot.

Sebab, latihan fisik tubuh akan melepaskan hormon yang dapat meningkatkan penyerapan asam amino oleh otot sehingga massa dan kekuatan otot terjaga. Otot yang lemah akan menyebabkan kita mudah cedera.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com