Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/09/2020, 16:51 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Tinggi badan seorang anak sebagian besar dipengaruhi oleh faktor genetis, alias mengikuti orangtuanya. Meski begitu, asupan nutrisi dan lingkungan juga memiliki andil dalam pertumbuhan tinggi badan.

Oleh karenanya, makanan peninggi badan bukanlah mitos karena bisa dikatakan bahwa asupan yang bergizi akan membantu anak untuk bisa tumbuh lebih tinggi.

Para ahli percaya, beberapa makanan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak sehingga perkembangan tubuhnya akan maksimal.

Jadi meskipun faktor genetik memainkan peranan penting dalam menentukan tinggi badan seseorang, tak ada salahnya bagi orangtua untuk memberikan berbagai makanan yang bisa membantu anak tumbuh lebih tinggi ini.

Baca juga: Seberapa Besar Faktor Keturunan Memengaruhi Tinggi Badan Anak?

Selain lezat, berbagai makanan ini dapat mengoptimalkan pertumbuhan Si Kecil dengan memperkuat tulang dan sendi, sekaligus menjaga kesehatan mereka.

1. Telur

Telur adalah makanan yang tidak boleh diremehkan. Dalam sebuah riset, dibuktikan bahwa anak-anak yang lebih rutin mengonsumsi makanan tinggi protein seperti telur mengalami peningkatan tinggi badan, dibandingkan dengan anak-anak lain yang asupan proteinnya sedikit.

2. Daging ayam

Daging ayam kaya akan vitamin B12, yakni nutrisi yang dibutuhkan anak-anak untuk bisa tumbuh tinggi.

Ditambah lagi, daging ayam mengandung asam amino taurine yang mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang.

Apalagi, daging ayam juga mengandung banyak protein. Dalam seporsi (sekitar 85 gram) daging ayam, mengandung 20 gram protein. Maka dari itu, ajaklah anak untuk mengonsumsi makanan ini.

Baca juga: Apa Benar Obat Peninggi Efektif untuk Meninggikan Badan?

3. Kacang almond

Selain rasanya lezat, kandungan nutrisinya kacang almond juga menyehatkan. Namun siapa sangka, kacang ini juga bisa membantu pertumbuhan badan anak.

Kacang almond mengandung vitamin E yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

Dalam sebuah penelitian, dibuktikan bahwa kekurangan vitamin E dapat menghambat pertumbuhan anak. Itu artinya, tinggi anak bisa tidak maksimal. Ditambah lagi, kacang almond dapat menjaga kesehatan tulang.

4. Sayuran berdaun hijau

Jika ada kompetisi sayuran dengan vitamin K terbanyak, mungkin sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kale hingga kubis, akan menjadi juaranya.

Vitamin K adalah nutrisi penting untuk tumbuh kembang anak. Sebab, vitamin ini dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mendukung pertumbuhan tinggi anak.

5. Yogurt

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com