Adakah Makanan Peninggi Badan Anak?

Kompas.com - 17/09/2020, 16:51 WIB
Ilustrasi tinggi badan anak Tomwang112Ilustrasi tinggi badan anak
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tinggi badan seorang anak sebagian besar dipengaruhi oleh faktor genetis, alias mengikuti orangtuanya. Meski begitu, asupan nutrisi dan lingkungan juga memiliki andil dalam pertumbuhan tinggi badan.

Oleh karenanya, makanan peninggi badan bukanlah mitos karena bisa dikatakan bahwa asupan yang bergizi akan membantu anak untuk bisa tumbuh lebih tinggi.

Para ahli percaya, beberapa makanan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak sehingga perkembangan tubuhnya akan maksimal.

Jadi meskipun faktor genetik memainkan peranan penting dalam menentukan tinggi badan seseorang, tak ada salahnya bagi orangtua untuk memberikan berbagai makanan yang bisa membantu anak tumbuh lebih tinggi ini.

Baca juga: Seberapa Besar Faktor Keturunan Memengaruhi Tinggi Badan Anak?

Selain lezat, berbagai makanan ini dapat mengoptimalkan pertumbuhan Si Kecil dengan memperkuat tulang dan sendi, sekaligus menjaga kesehatan mereka.

1. Telur

Telur adalah makanan yang tidak boleh diremehkan. Dalam sebuah riset, dibuktikan bahwa anak-anak yang lebih rutin mengonsumsi makanan tinggi protein seperti telur mengalami peningkatan tinggi badan, dibandingkan dengan anak-anak lain yang asupan proteinnya sedikit.

2. Daging ayam

Daging ayam kaya akan vitamin B12, yakni nutrisi yang dibutuhkan anak-anak untuk bisa tumbuh tinggi.

Ditambah lagi, daging ayam mengandung asam amino taurine yang mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X