Studi: Kurang Tidur 15 Menit Saja Dapat Memicu Kenaikan Berat Badan

Kompas.com - 18/09/2020, 20:53 WIB
Ilustrasi tertidur saat bekerja Monkey Business ImagesIlustrasi tertidur saat bekerja
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Waktu istirahat yang mencukupi di malam hari memberi manfaat bagi kesehatan tubuh, pikiran menjadi lebih jernih, serta umur yang lebih panjang.

Jika kita kurang beristirahat atau kurang tidur, maka kondisi tubuh menjadi terganggu.

Bahkan, "kehilangan" waktu tidur selama 15 menit saja sudah bisa berdampak pada kondisi tubuh kita.

Studi baru menemukan bahwa kurang tidur selama 15 menit akan menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan pada seseorang.

Studi tersebut dipublikasikan ke dalam JAMA Internal Medicine.

Para peneliti mengambil data dari penggunaan aplikasi pelacak tidur pada 120.000 peserta yang terhubung ke ponsel pintar, jam tangan, dan alat pelacak kebugaran (fitness tracker), seperti dilaporkan CNN.

Hasilnya, orang-orang dengan indeks massa tubuh (BMI) di atas 30 memiliki kekurangan waktu tidur 15 menit dibandingkan mereka yang memiliki BMI lebih sehat.

Berdasarkan pedoman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), orang dengan indeks massa tubuh di atas 30 dikategorikan obesitas.

Baca juga: Kurang Tidur Picu Nafsu Makan Berlebih, Benarkah?

Menurut peneliti, temuan mereka mendukung gagasan bahwa pola tidur dapat terkait dengan manajemen berat badan dan kondisi kesehatan seseorang.

Beberapa studi sebelumnya meneliti hubungan antara kekurangan tidur dan berat badan yang bertambah.

Halaman:


Sumber MSN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X