Benarkah Minum Kopi Bermanfaat bagi Penderita Kanker Kolon?

Kompas.com - 18/09/2020, 21:33 WIB
Ilustrasi minum kopi Wavebreakmedia LtdIlustrasi minum kopi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak penelitian mengungkap besarnya manfaat minum kopi bagi kesehatan kita.

Dan kini, sebuah studi menemukan alasan mengapa penderita kanker kolon (kanker usus besar) perlu mengonsumsi kopi setiap hari.

Dari studi yang diterbitkan di jurnal JAMA Oncology, terungkap bahwa beberapa cangkir kopi sehari bisa memberikan kelangsungan hidup lebh lama bagi pasien kanker kolon.

Selain itu, kopi juga dapat menurunkan risiko perkembangan sel kanker pada pasien kanker kolon, menurut para peneliti di Dana-Farber Cancer Institute.

Para peneliti meninjau 1.171 pasien yang dirawat karena kanker kolon.

Mereka menemukan, pasien yang minum 2-3 cangkir kopi sehari cenderung memiliki usia lebih panjang dan waktu lebih lama sebelum penyakit mereka memburuk dibandingkan pasien yang tidak mengonsumsi kopi.

Baca juga: Minum Kopi Empat Cangkir Sehari untuk Hidup Lebih Sehat

Pasien yang mengonsumsi kopi dalam jumlah lebih banyak (lebih dari empat cangkir sehari) memperoleh manfaat lebih besar.

"Beberapa senyawa yang ada di dalam kopi memiliki antioksidan, anti-inflamasi, dan kandungan lain yang bisa melawan kanker."

Begitu kata Chen Yuan, co-author studi dan rekan peneliti di Dana-Farber Cancer Institute.

Menurut Scott Kopetz, profesor onkologi medis gastrointestinal di MD Anderson Cancer Center, banyak yang bisa diketahui dari peran antioksidan dalam perkembangan awal kanker dibandingkan penyakit yang sudah memasuki tahapan lanjut.

Halaman:


Sumber MSN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X