Cerita Gaun Pengantin Putri Diana yang Tak Pernah Terpakai

Kompas.com - 22/09/2020, 08:33 WIB
Putri Diana dengan anting safir yang kini telah menjadi milik menantunya, Kate Middleton. REPRO BIDIK LAYAR VIA HARPERS BAZAAR Putri Diana dengan anting safir yang kini telah menjadi milik menantunya, Kate Middleton.

KOMPAS.com - Gaun pengantin Putri Dianagaun tahun 80an yang disulam dengan 10.000 mutiara dan dihiasi renda berumbai, begitu terkenal dan menjadi amat ikonik.

Namun ternyata gaun tersebut bukanlah satu-satunya pakaian yang disiapkan untuk hari istimewa pernikahan Diana dengan Pangeran Charles.

Sebab, ada satu gaun lainnya yang dibuat juga tanpa sepengetahuan Diana.

Baca juga: Melihat Dekatnya Hubungan Putri Diana dan Fergie...

Dikisahkan, David Emanuel dan istrinya saat itu Elizabeth ditugaskan untuk membuat gaun Diana —dan mereka melakukan upaya terbaik sekaligus merahasiakan desain akhir dari sang pengantin.

Merancang dan membuat gaun pengantin tentu menjadi hal biasa bagi mereka, namun tugas merahasiakan tak begitu mudah.

Apalagi dengan segala "kegilaan media" yang mengelilingi Diana dan Charles kala itu.

Mengetahui beratnya tugas yang dipikul, Emanuel pun mengambil langkah ekstrem demi ketenangannya, yakni membuat pakaian pengantin versi kedua. 

Baca juga: Diam-diam, Putri Diana Mengubur Bayi di Taman Istana Kensington

"Saat itu kami ingin benar-benar memastikan bahwa gaun itu adalah kejutan," kata David kepada People di tahun 2018.

"Kami tidak mencobanya pada Diana. Kami bahkan tidak pernah membahasnya."

"Kami ingin memastikan bahwa kami memiliki sesuatu di sana. Ini kami buat demi ketenangan pikiran kita sendiri, sungguh," cetus dia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X