Perbaiki Jadwal Tidur, Kunci Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 22/09/2020, 18:55 WIB
Ilustrasi bangun tidur shutterstockIlustrasi bangun tidur
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berbagai cara kita lakukan untuk menurunkan berat badan, mulai dari memilih makanan sehat, rutin berolahraga, hingga minum air putih dalam jumlah banyak.

Namun banyak orang melupakan satu hal mudah yang bisa membantu menurunkan berat badan. Apa itu?

Ternyata salah satu cara mudah untuk membantu menurunkan berat badan kita adalah dengan tidur lebih awal. Dan, hal ini juga dibuktikan dari studi terbaru.

Menurut laporan Brigham Young University, orang yang mempunyai jadwal tidur konsisten cenderung lebih mudah menurunkan berat badan mereka dibandingkan yang tidak.

Jadwal tidur konsisten, dalam hal ini, adalah tidur dan bangun di waktu yang sudah ditentukan.

Di samping itu, jika kita tidur lebih awal, kita tentu mengonsumsi makanan lebih sedikit, dan itu membantu menjaga berat badan kita.

Berdasarkan studi di The Salk Institute, semakin lama kita terbangun di malam hari atau begadang, semakin banyak kalori yang kita konsumsi.

Karenanya para ilmuwan berspekulasi, cara terbaik untuk mengurangi asupan kalori yaitu dengan memiliki waktu tidur lebih banyak.

Baca juga: Pahami, Bagaimana Kurang Tidur Rusak Usaha Penurunan Berat Badan

Ilmuwan melakukan percobaan kepada para peserta untuk mengurangi waktu makan mereka dan menambah waktu tidur mereka.

Setelah percobaan dilakukan selama 16 minggu, peserta kehilangan rata-rata 3,5 persen dari kelebihan berat badan mereka hanya dengan tidur lebih awal.

Waktu tidur kurang dari delapan jam bisa menghambat proses penurunan berat badan kita, menurut studi yang dilakukan oleh Annals of Internal Medicine.

Studi itu mencatat, kurang tidur dapat memperlambat penurunan berat badan karena membuat seseorang kelaparan.

Partisipan yang tidur hanya 5,5 jam mengalami penurunan lemak lebih sedikit dan kehilangan lebih banyak massa tubuh dibandingkan mereka yang tidur 8,5 jam.

Ini menandakan, beberapa perubahan sederhana pada rutinitas harian kita bisa melancarkan proses penurunan berat badan.

Baca juga: Studi: Kurang Tidur 15 Menit Saja Dapat Memicu Kenaikan Berat Badan



Sumber MSN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X