Alasan Orang Obesitas Berisiko Alami Gejala Parah Covid-19

Kompas.com - 23/09/2020, 09:31 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19 di ruang perawatan intensif (ICU). SHUTTERSTOCK/HalfpointIlustrasi pasien Covid-19 di ruang perawatan intensif (ICU).

KOMPAS.com - Memiliki penyakit penyerta (komorbid) dapat meningkatkan risiko penyakit serius atau bahkan kematian jika seseorang terinfeksi Covid-19. Salah satu yang paling serius adalah obesitas, terutama obesitas yang parah.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa memiliki angka indeks massa tubuh (BMI) 30 atau lebih tinggi, meningkatkan risiko penyakit parah yang berkaitan dengan Covid-19.

“Dalam enam bulan terakhir kami melihat bahwa obesitas adalah faktor risiko untuk Covid-19 parah yang bisa membuat pasien masuk ke rumah sakit, lebih membutuhkan perawatan intensif, dukungan ventilator, dan meningkatkan risiko kematian," kata Direktur Bariatric & Metabolic Institute di Cleveland Clinic, Ali Aminian, MD, seperti dilansir Cleveland Clinic.

Alasan mengapa obesitas sangat memengaruhi pasien ketika terkena COVID-19 masih belum diketahui, tetapi Dr. Aminian memiliki beberapa penjelasan yang dapat diketahui.

Baca juga: UPDATE 22 September: Tambah 1.122 Kasus Covid-19 Jakarta, 1.624 Pasien Meninggal

1. Imunitas melemah

Pasien dengan obesitas (dan faktor risiko terkait seperti diabetes) sering menderita pelemahan kekebalan tubuh bawaan dan adaptif, membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi.

2. Respons imun yang terlalu aktif

Obesitas adalah keadaan peradangan kronis yang menyebabkan tubuh pasien memproduksi sitokin dalam jumlah berlebihan.

Sitokin merupakan molekul yang berkomunikasi dan mengatur sistem kekebalan tubuh.

Infeksi Covid-19 juga memicu pelepasan sitokin. Jika digabungkan dengan kondisi obesitas, hal ini dapat menyebabkan jumlah sitokin berlebih dalam tubuh, yang disebut "badai sitokin". Pada akhirnya kondisi ini menyebabkan kerusakan pada banyak organ tubuh.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X