Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2020, 10:42 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pembuatan robot Gundam raksasa di Yokohama, Jepang telah selesai pada 29 Juli lalu. Karena pandemi, robot yang dibangun di Gundam Factory Yokohama ini baru akan dipamerkan pada Oktober 2020 ini.

Gundam merupakan robot raksasa yang diambil dari serial fiksi berjudul Mobile Suit Gundam yang rilis pertama kali di tahun 1979. Serial itu menjadi populer, dan segala bentuk aksesoris serta item robot Gundam semakin diminati.

Item yang paling sering dikoleksi oleh penggemar Gundam adalah action figure robot tersebut dengan skala 1/144, 1/60, atau skala yang lebih besar.

Ukuran patung Gundam raksasa itu sama dengan yang ditampilkan di serial Gundam.

Dari rekaman video yang diunggah ke akun Twitter @catsuka pada 21 September kemarin, tampak bagian lengan, kaki, dan tubuh robot Gundam bisa digerakkan dengan mudah.

Ukuran robot ini memiliki tinggi 18 meter dan berat sekitar 25 metrik ton, menurut Sora News 24.  Robot ini merupakan tipe RX-78 kedua yang berskala 1:1.

 

Baca juga: Robot Gundam Asli Setinggi 18 Meter Pijakkan Langkah Pertamanya di Yokohama

Robot Gundam raksasa dibangun dengan kerangka mekanis, sehingga beberapa bagian tubuh, seperti lengan dan kaki dapat digerakkan.

Para insinyur pertama kali menguji pergerakan kaki, lengan, dan batang robot pada 5 Juli.

Sebelum kepala robot Gundam disambungkan ke bagian bahu dengan mesin derek, seorang pendeta Shinto memberkati robot itu dalam upacara jotoshiki --upacara tradisional umat Shinto di Jepang saat akan membangun rumah/gedung baru.

Sebelumnya, tipe RX-78 berskala 1:1 pertama berada di distrik Odaiba, Tokyo sebelum diganti dengan tipe RX-0 Unicorn.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com