Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Lokasi Paling Berisiko Jadi Sumber Penyebaran Covid-19

Kompas.com - 23/09/2020, 18:27 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Karena mudahnya Covid-19 menular, maka ruang publik dengan interaksi manusia memiliki risiko yang tinggi. Terutama tempat yang membuat orang berada di dalam ruangan tanpa ventilasi yang mencukupi, atau adanya kerumunan.

Oleh karena itu, untuk mencegah penularan, perlu adanya penutupan atau penyesuaian aktivitas di tempat-tempat tersebut.

Ahli imunologi dan direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS (NIAID), Anthony Fauci, MD menyebutkan ada beberapa lokasi yang beresiko tinggi. Ia merujuk pada hasil studi yang dilaporkan CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat) di situsnya.

Studi tersebut dilakukan dengan melihat kasus Covid-19 yang diperiksa di 11 fasilitas perawatan kesehatan AS dan melihat rasio pasien yang menerima hasil tes Covid negatif versus positif, serta di mana mereka berada dalam dua minggu terakhir.

Baca juga: Kemenkes: Kini Ada 1.146 Klaster Penularan Covid-19 di Indonesia

Temuan ini bisa menjadi pelajaran bagi kita, di mana pun kita tinggal, untuk lebih berhati-hati ketika beraktivitas di lokasi-lokasi ini.

1. Pusat kebugaran

Fauci menyebut salah satunya adalah pusat kebugaran alias gym, di mana orang-orang cenderung bernapas dengan mendalam, mengeluarkan lebih banyak droplet yang berpotensi terkontaminasi, serta tidak ada penyaringan udara luar ruangan.

Di antara pasien yang diteliti oleh CDC, 7,8 persen orang yang dites positif pernah ke pusat kebugaran dalam dua minggu terakhir, sementara hanya 6,3 persen dari mereka yang dites negatif yang mengaku pernah ke pusat kebugaran.

Jika kamu ingin berolahraga di gym, pastikan tempat tersebut telah menerapkan protokol kesehatan ketat, atau kamu juga bisa berolahraga di rumah untuk sementara waktu selama pandemi.

Baca juga: Ketahui Hal Ini Sebelum Kembali Olahraga di Gym

Para clubber menikmati musik yang dimainkan DJ di sebuah klub malam di Belanda.Foxnews Para clubber menikmati musik yang dimainkan DJ di sebuah klub malam di Belanda.

2. Bar dan tempat nongkrong

Tak hanya bar, tempat-tempat yang berpotensi menjadi tempat berkumpul banyak orang dan cenderung membuat kita tidak mematuhi protokol kesehatan, sebaiknya dihindari.

Pada umumnya, anak-anak muda berkumpul di tempat seperti bar, cafe, atau tempat nongkrong, kemudian bercengkrama dengan teman-temannya tanpa mengenakan masker dengan tepat.

"Kamu perlu sangat berhati-hati dengan tempat-tempat seperti bar, tempat yang sangat berisiko menyebarkan infeksi. Tidak ada keraguan akan hal itu," kata Fauci.

Fauci juga mengingatkan agar kita lebih memerhatikan apakah di daerah sekitar kita termasuk dalam zona merah atau punya angka kasus penyebaran dalam komunitas yang tinggi.

Baca juga: Kabupaten Karawang, Kota Bekasi dan Cirebon Jadi Zona Merah Covid-19

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com