Warna Kuku Bisa Menunjukkan Kondisi Kesehatan Kita

Kompas.com - 24/09/2020, 06:06 WIB
Ilustrasi kuku rapuh Shutterstock/FotoDuetsIlustrasi kuku rapuh
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pada umumnya, kuku kita memiliki warna putih atau bening. Namun karena kebiasaan tertentu seperti mengecat kuku, warna kuku bisa berubah.

Nah, jika warna kuku menunjukkan perubahan tanpa kita ketahui, bisa jadi kita mempunyai masalah pada kondisi kesehatan kita.

Hal itu dibenarkan oleh ahli gizi asal Australia, Fiona Tuck. Ia mengungkap, segala perubahan pada kuku bisa menandakan adanya masalah kesehatan di tubuh.

Menurut dia, warna kuku mencerminkan kondisi bagian dalam tubuh kita. Namun perubahan pada kuku butuh waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

"Kondisi kuku dapat memberi tahu apakah seseorang kekurangan nutrisi tertentu, seperti zat besi atau seng, apakah ada sesuatu yang lebih parah atau faktor luar yang merusak kuku," ujar Fiona kepada Daily Mail Australia.

Baca juga: Tampilan Kuku di Jari Tangan Bisa Jadi Tanda Risiko Serangan Jantung

Ia juga menekankan pentingnya melihat seluruh kuku di tangan, tidak hanya satu bagian.

Perubahan pada kuku yang menunjukkan masalah kesehatan dijelaskan oleh Fiona sebagai berikut:

1. Bintik atau garis putih

Banyak orang mengalami bintik-bintik putih pada kuku, yang merupakan indikasi kekurangan seng atau kalsium.

"Ini akan terlihat seperti bintik-bintik kecil atau garis putih di kuku. Jika semua kuku kita seperti ini, tandanya kita tidak mendapatkan seng atau kalsium dalam jumlah cukup," katanya.

Halaman:


Sumber MSN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X