Mulai Hari dengan Minuman Jahe untuk Tubuh Lebih Sehat

Kompas.com - 24/09/2020, 09:14 WIB
Ilustrasi minuman jahe udraIlustrasi minuman jahe
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jahe adalah salah satu umbi yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari mengatasi mual hingga mengurangi nyeri otot. Karenanya sayang jika jahe hanya dijadikan rempah untuk menambah rasa masakan saja.

Untuk menikmati jahe, kita bisa menjadikannya olahan minuman dengan berbagai resep, yang bisa sangat menyehatkan dan menjadi alternatif minuman untuk memulai hari.

Bagaimana kita mengolah jahe menjadi minuman, tentu sesuai selera masing-masing. Porsi jahe yang digunakan pun bergantung pada toleransi rasa pedas yang muncul darinya.

Nah bila kamu kebingungan, berikut adalah beberapa cara mengolah rempah berkhasiat ini menjadi minuman jahe yang menyehatkan:

1. Kopi jahe

Tak ada salahnya memberi sensasi baru pada kopi dengan menambahkan jahe di dalamnya. Keduanya adalah antioksidan yang dapat menangkal zat radikal bebas.

Caranya cukup dengan menambahkan 1 sendok teh jahe ke kopi. Resep ini juga baik untuk sistem pencernaan.

2. Teh jahe

Teh jahe merupakan olahan minuman jahe yang paling populer. Tak hanya menghangatkan, teh jahe juga dapat meredakan keluhan pada sistem pencernaan seperti mabuk perjalanan, mual, atau morning sickness pada ibu hamil.

Teh jahe banyak dijual di pasaran. Selain itu, bisa juga dengan membuatnya sendiri. Cukup tambahkan jahe dan rebus dalam air mendidih selama kurang lebih 10 menit. Tambahkan madu atau gula sesuai selera.

Baca juga: Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Jahe, Sudah Tahu?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X