Obat Pilek Alami dari Bahan yang Ada di Dapur

Kompas.com - 24/09/2020, 11:03 WIB
Ilustrasi minuman herbal khas Indonesia. SHUTTERSTOCK/MENIGA.IDIlustrasi minuman herbal khas Indonesia.
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pilek memang menjadi kondisi yang menyebalkan. Kita menjadi kurang nyaman beraktivitas karena merasa lemas, tenggorokan sakit, serta mungkin hidung tersumbat.

Beruntung, beberapa bahan di rumah bisa dikonsumsi sebagai obat pilek alami. Namun ingat, obat pilek alami tidak menggantikan pengobatan medis, ya.

Dari bahan yang mudah dicari, obat pilek alami ini layak dicoba di rumah:

Ilustrasi bawang putih yang diklaim menjadi obat herbal untuk corona. SHUTTERSTOCK Ilustrasi bawang putih yang diklaim menjadi obat herbal untuk corona.
1. Bawang putih

Salah satu obat pilek alami yang mudah untuk dicari adalah bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa antimikroba yang disebut alisin.

Mengonsumsi suplemen bawang putih juga berpotensi untuk mengurangi keparahan gejala pilek.

Riset lebih lanjut terkait efektivitas bawang putih sebagai obat pilek alami masih diperlukan. Namun, menambahkan beberapa irisan bawang putih ke makanan saat pilek tentu tak ada salahnya.

Baca juga: Perhatikan, 12 Manfaat Hebat Bawang Putih


Ilustrasi chamomileshutterstock Ilustrasi chamomile
2. Teh chamomile

Chamomile merupakan tanaman dengan bunga yang mirip bunga daisy. Bunga chamomile yang dikeringkan banyak dijual dalam bentuk “teh” yang bebas kafein dan berpotensi untuk menjadi obat pilek alami.

Teh ini juga memiliki efek menenangkan, kemampuan anti-peradangan, serta efek antioksidan.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X