Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2020, 16:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Walau susu termasuk dalam bahan pangan yang sarat nutrisi, namun banyak orang masih mencemaskan kandungan lemak di dalamnya. Padahal, lemak susu sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh, terlebih di masa pandemi ini.

Lemak di dalam produk susu pada dasarnya sangat kompleks dan memliki kandungan yang bermanfaat. Lebih dari 400 asam lemak berbeda ditemukan dalam susu.

Ahli nutrisi Emilia E Achmadi, menjelaskan, lemak merupakan kandungan yang penting dan dibutuhkan untuk menyerap vitamin, terutama vitamin A dan D.

Vitamin D merupakan mikronutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan ini terdapat dalam susu. Di lain pihak, vitamin D membutuhkan lemak agar bisa diserap tubuh. Karenanya susu perlu dikonsumsi,” kata Emilia dalam acara peluncuran Greenfields Fresh Jersey Milk secara virtual, Rabu (24/9/2020).

Greenfields Indonesia meluncurkan susu segar terbarunya, Greenfields Fresh Jersey Milk.Dok Greenfields Greenfields Indonesia meluncurkan susu segar terbarunya, Greenfields Fresh Jersey Milk.
Dia melanjutkan, lemak dalam susu secara alami memiliki nilai biologis yang tinggi dan memiliki manfaat.

Baca juga: Mengapa Susu Segar Lebih Berkualitas daripada Susu Bubuk

Penelitian menunjukkan, asam lemak dalam whole milk antara lain asam lemak jenuh, asam lemak jenuh tunggal, asam lemak jenuh ganda, serta beberapa tipe lain.

“Berbeda dengan lemak yang berasal dari gorengan atau camilan-camilan,” ujarnya.

Beberapa penelitian juga menyimpulkan, konsumsi susu whole milk yang kandungan lemaknya lebih tinggi dibanding skim milk, ternyata dapat melindungi kesehatan jantung, bahkan membantu mencegah kegemukan.

Susu Jersey

PT Greenfields Indonesia memperkenalkan produk terbarunya, Greenfields Fresh Jersey Milk yang dihasillkan dari sapi jenis Jersey.

Dibandingkan dengan susu segar dari sapi Holstein, susu segar sapi Jersey mengandung protein dan lemak 10 persen lebih tinggi.

Menurut Country Head Marketing and Sales PT Greenfields, susu segar sapi Jersey ini memiliki rasa yang lebih creamy.

“Rasa creamy susu ini dihasilkan dari kandungan padatan susu atau milk solid yang tinggi. Padatan susu adalah kandungan protein dan lemak di dalam susu dan menghasilkan laktosa, kasein, whey protein dan trace mineral,” katanya dalam acara yang sama.

Ia mengatakan, produk ini merupakan satu-satunya susu segar dari sapi Jersey di Indonesia.

Greenfields Fresh Jersey Milk diperah dari sapi Jersey yang dipelihara di peternakan milik Greenfields di Jawa Timur dan diproduksi melalui proses pasteurisasi.

Baca juga: Bingung Saat Belanja Susu? Bedanya Susu Olahan, Susu Segar, dan Susu Murni

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com