Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 16/11/2022, 13:11 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Kalori nasi padang per satu porsinya itu cukup tinggi. Bagaimana tidak, karena “bintang” dari kebanyakan lauk masakan di restoran Padang adalah jeroan hewan yang berlemak dan diolah dengan santan serta minyak.

Bahkan, sayuran dalam menu nasi padang pun juga kerap disajikan dengan santan. Belum lagi memperhitungkan takaran nasi yang disajikan per porsinya.

Itu kenapa masakan Padang kerap kali dianggap makanan "berbahaya" untuk kolesterol. Namun, tidak perlu khawatir. Meski kalori dalam satu porsi nasi padang cukup tinggi, kita tetap bisa mengakalinya supaya lebih sehat.

Trik ini juga penting untuk diketahui bagi yang sedang menjalani program diet, agar asupan kalori tidak melampaui batas harian yang sudah ditentukan.

Baca juga: Nasi Padang Tak Selalu Jahat Bagi Tubuh, Tapi...

Berapa kalori nasi padang per satu porsi?

Makan nasi padang memang enak dan mengenyangkan. Satu porsi menu nasi padang biasanya disajikan dengan beragam jenis lauk makan khas Minang, dari daging, ayam, ikan, hingga sayur-sayuran.

Jika ditilik berdasarkan total kalori, satu porsi menu masakan padang rata-rata adalah 664 kcal. Menurut American Heart Association, makanan disebut berkalori tinggi jika mengandung kalori sebesar 400 ke atas.

Namun total kalori dalam setiap piring bisa berbeda, tergantung dari menu lauk yang dipilih.

Jika kita ingin mengetahui lebih akurat tentang kandungan total kalori dalam satu piring nasi padang, mari uraikan kalori dari setiap jenis makanan yang tersaji. Sebagai contoh:

  • Makanan pokok: 100 gram nasi (kurang lebih 2 centong) setara 175 kalori
  • Sayur: 100 gram (satu sendok sayur) sayur gulai nangka setara dengan 66 kalori
  • Sayur: 80 gram sayur gulai ubi setara dengan 71 kalori
  • Lauk-pauk: 100 gram rendang setara dengan 193 kalori
  • Lauk-pauk: Ayam pop setara dengan 265 kalori

Jika ditotal, satu porsi nasi padang dan setiap jenis makanannya bisa mengandung 770 kalori.

Kelihatannya memang masih jauh dari ambang batas rekomendasi asupan kalori harian berdasarkan perhitungan AKG, yaitu 2000 kcal per hari.

Akan tetapi, asupan kalori serta lemak dari satu kali makan masakan padang tetap tergolong tinggi. Sebab, tidak menutup kemungkinan kita masih akan makan makanan lain yang berkarbohidrat tinggi serta tinggi lemak di waktu makan lain.

Baca juga: Berapa Jumlah Kalori Nasi Goreng? Ini Penjelasannya

Kenapa kalori menu masakan padang dianggap tinggi?

Asupan gizi yang paling mendominasi dalam nasi padang adalah 41% karbohidrat dan 40% protein per satu porsinya, dengan takaran sebesar 70 gram dari kombinasi keduanya.

Kemudian disusul oleh kandungan lemak sebesar 15 gram per satu porsi nasi padang plus lauk-pauknya. Asupan lemak menyumbang 19% dari total kalori dari satu posi nasi padang.

Halaman:
Sumber


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com