Simbol Emansipasi, Perempuan Pertama Berjalan di Bulan Tahun 2024

Kompas.com - 25/09/2020, 18:33 WIB
Suasana latihan astronot di bawah permukaan air dalam persiapan pendaratan perempuan pertama di bulan. Foto diunggah di akun NASA Johnson pada 23 September 2020. VIA @NASA_JohnsonSuasana latihan astronot di bawah permukaan air dalam persiapan pendaratan perempuan pertama di bulan. Foto diunggah di akun NASA Johnson pada 23 September 2020.

KOMPAS.com - Emansipasi tanpa batas bagi kaum perempuan tak lama lagi bakal mewujud dalam sebuah pencapaian yang bakal dicatat dalam sejarah.

Sebuah kabar besar bagi kaum perempuan disampaikan Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat ( NASA) di pekan ini.

NASA mengeluarkan pembaruan informasi terkait Artemis Plan. Mereka mengungkap rencana untuk mendaratkan wanita pertama di bulan pada tahun 2024.

Baca juga: Ingin Tahu Aroma Angkasa? Wewangian Rancangan NASA Ini Bisa Membantu

Misi tersebut tersebut bakal menjadi kali pertama manusia menginjakkan kaki di bulan, sejak misi Apollo terakhir pada tahun 1972.

Misi Apollo adalah progam penerbangan antariksa ketiga yang dilaksanakan NASA, yang berhasil mendaratkan manusia pertama di bulan pada periode 1969 hingga 1972.

Program ini pertama kali disusun selama masa pemerintahan Presiden Dwight D. Eisenhower.

Misi Apollo lalu didedikasikan untuk tujuan nasional oleh Presiden John F. Kennedy di era 1960-an untuk mendaratkan manusia di bulan dan mengembalikannya dengan selamat ke bumi.

Baca juga: Saat NASA Mengira Astronot Wanita Perlu Dandan di Luar Angkasa…

Seruan itu disampaikan Kennedy dalam pidatonya di muka Kongres pada 25 Mei 1961.

Tujuan Kennedy ini baru tercapai pada misi Apollo 11 ketika astronot Neil Armstrong dan Buzz Aldrin mendaratkan Apollo Lunar Module (LM) pada 20 Juli 1969.

Keduanya berjalan di permukaan bulan, sementara Michael Collins tetap berada di orbit bulan dalam modul komando dan layanan (CSM).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X