9 Penyebab Rasa Haus yang Tak Kunjung Hilang

Kompas.com - 28/09/2020, 09:41 WIB
Ilustrasi minum dengan sedotan shutterstockIlustrasi minum dengan sedotan

KOMPAS.com - Minum adalah cara untuk menghilangkan rasa haus.

Merasa sangat haus adalah hal wajar untuk beberapa kondisi, misalnya setelah kita beraktivitas di bawah sinar matahari atau seusai berolahraga.

Namun, rasa haus yang tak kunjung hilang juga bisa menjadi sinyal kondisi kesehatan lainnya.

Kebutuhan air setiap orang berbeda, namun pedoman Kementerian Kesehatan RI menyebutkan bahwa idealnya setiap hari kita minum sekitar delapan gelas sehari (ukuran 230ml) atau total dua liter.

Baca juga: Merasa Sangat Haus? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Selain lewat air, makanan juga bisa menyumbang cairan tubuh sekitar 20 persen. Asupan cairan bisa diperoleh lewat buah dan sayuran, terutama bayam dan semangka.

Nah, jika kita masih merasa haus luar biasa meskipun merasa sudah minum cukup, beberapa kondisi berikut mungkin bisa menjadi penyebabnya.

1. Memulai aktivitas baru

Kebanyakan orang tidak menakar berapa banyak air yang diminumnya dalam sehari. 

Lalu, mereka tidak menyadari adanya perubahan cuaca, perubahan aktivitas olahraga, hingga perubahan aktivitas harian, seperti pekerjaan.

Itu semua bisa memengaruhi pola konsumsi cairan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X