Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2020, 11:10 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Wajan atau frying pan merupakan alat masak yang wajib ada di dapur. Bagi mereka yang hobi masak, memiliki satu wajan saja tidak cukup. Beda jenis masakan, beda pula ukuran dan jenis wajan yang dipakai.

Berdasarkan bahan pembuatnya, ada beberapa jenis wajan:

1. Berlapis teflon
Wajan antilengket berlapis teflon dapat kita temui di hampir semua dapur modern. Bahan pelapis berisi kandungan kimia polytetrafluoroethylene atau PTFE ini membuat wajan atau panci menjadi antilengket, tahan lama, dan mudah dibersihkan.

Wajan seri Easy Frypan dari LocknLock.LocknLock Wajan seri Easy Frypan dari LocknLock.
Meski begitu, wajan yang lapisan teflonnya sudah mengelupas bisa berbahaya karena dapat bersifat karsinogenik jika dipakai dalam waktu lama.

Saat ini beberapa produsen sudah memperbaharui teknologi antilengketnya dengan bahan yang lebih aman. Misalnya saja LocknLock, lewat seri produk Easy Frypan yang diklaim bebas dari Perfluorooctanoic Acid (PFOA).

Untuk menjaga agar wajan ini awet digunakan dalam jangka panjang, gunakan spatula dari bahan kayu atau silicon saat memasak. Selain itu hindari memasak menggunakan api besar dan dalam waktu lama, misalnya merebus daging rendang.

Baca juga: 7 Trik Masak Pizza Teflon Anti Gagal dari Koki Profesional

2. Berlapis marmer

Alternatif lain dari antilengket yang banyak dipakai adalah pelapis keramik marble. Lapisan marmer ini membuat wajan tidak gampang lengket dan mudah dibersihkan. Peralatan masak pun menjadi lebih sedap dipandang mata.

Kekurangan dari alat masak berlapis keramik antara lain ukurannya lebih berat dibanding yang berbahan dasar teflon. Selain itu, harganya juga relative lebih mahal.

3. Stainless steel

Wajan stainless steel sangat cocok untuk menggoreng yang butuh minyak banyak (deep fried). Wajan yang dilapisi plat alumunium atau tembaga ini bisa meratakan panas dengan sempurna.

Namun, wajan jenis ini tidak mempunyai lapisan antilengket. Noda api atau cipatran masakan sering sulit dibersihkan. Dibutuhkan usaha lebih agar alat masak ini tetap berkilau.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Menggoreng Makanan

Ilustrasi wajan antilengket berlapis keramik marble.Shutterstock Ilustrasi wajan antilengket berlapis keramik marble.

4. Diamond coating
Alat masak yang menggunakan teknologi diamond coating sedang populer sebagai alternatif lain antilengket. Dibuat dengan tahapan akhir pelapisan dengan material keramik yang mengandung berlian sangat halus, alat masak ini sangat mudah dibersihkan.

5. Cast Iron
Cast iron atau besi cor punya keunggulan karena tahan lama. Selain itu, besi cor juga merupakan konduktor panas yang sangat baik, serta bisa mempertahankan suhu.

Namun, alat masak dengan besi cor ternyata juga cukup berat. Selain itu mudah berkarat jika tidak dirawat dan dijaga tetap kering sepanjang waktu.

Supaya permukaannya tidak lengket, beri minyak sayur atau mentega pada seluruh bagian wajan ini sebelum dipakai. Pemberian minyak sayur harus ketika wajan dalam keadaan bersih.

Baca juga: Apa Itu Cast Iron? Besi yang Bikin Alat Masak Lebih Mahal

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com