Agar Terhindar dari Penyakit Jantung Koroner, Lakukan Ini

Kompas.com - 29/09/2020, 06:19 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com— Penyakit jantung koroner kini tak hanya diderita oleh orang lanjut usia, mereka yang masih muda dan ada dalam usia produktif tak luput dari penyakit penyebab kematian ini. 

Penyakit ini sangat terkait dengan kondisi pembuluh darah dan jantung. Penyebab utama serangan jantung adalah penyempitan pada pembuluh darah sehingga jantung tidak mendapat suplai oksigen. Akibatnya adalah kerusakan permanen pada organ ini, bahkan kematian.

Mayoritas penyakit jantung koroner disebabkan gaya hidup tidak sehat. Kenali apa saja gaya hidup yang bisa menjaga agar pembuluh darah tetap sehat.

1. Makanan pelindung jantung

Pada dasarnya makanan yang rendah lemak, gula, dan garam, akan menyehatkan tubuh, termasuk jantung. Ini berarti, mulailah membatasi dorongan untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi seperti minuman kekinian, camilan asin, atau makanan olahan.

Makanan yang minim pengolahan atau mendekati aslinya, makin sehat. Misalnya, dari pada memilih sosis atau daging kalengan, konsumsi daging tanpa lemak dengan proses pemasakan tidak terlalu lama.

Baca juga: Mengenal Dislipidemia, Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner

2. Menjadi lebih aktif

Olahraga aerobik memperkuat otot jantung. Ini juga memangkas lemak, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Penurunan berat badan karena berolahraga juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat.

Usahakan melakukan latihan aerobik intensitas sedang selama 150 menit seminggu. Atau, lakukan latihan aerobik intensitas tinggi selama 75 menit dalam seminggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X