Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Terhindar dari Penyakit Jantung Koroner, Lakukan Ini

Kompas.com - 29/09/2020, 06:19 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com— Penyakit jantung koroner kini tak hanya diderita oleh orang lanjut usia, mereka yang masih muda dan ada dalam usia produktif tak luput dari penyakit penyebab kematian ini. 

Penyakit ini sangat terkait dengan kondisi pembuluh darah dan jantung. Penyebab utama serangan jantung adalah penyempitan pada pembuluh darah sehingga jantung tidak mendapat suplai oksigen. Akibatnya adalah kerusakan permanen pada organ ini, bahkan kematian.

Mayoritas penyakit jantung koroner disebabkan gaya hidup tidak sehat. Kenali apa saja gaya hidup yang bisa menjaga agar pembuluh darah tetap sehat.

1. Makanan pelindung jantung

Pada dasarnya makanan yang rendah lemak, gula, dan garam, akan menyehatkan tubuh, termasuk jantung. Ini berarti, mulailah membatasi dorongan untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi seperti minuman kekinian, camilan asin, atau makanan olahan.

Makanan yang minim pengolahan atau mendekati aslinya, makin sehat. Misalnya, dari pada memilih sosis atau daging kalengan, konsumsi daging tanpa lemak dengan proses pemasakan tidak terlalu lama.

Baca juga: Mengenal Dislipidemia, Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner

2. Menjadi lebih aktif

Olahraga aerobik memperkuat otot jantung. Ini juga memangkas lemak, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Penurunan berat badan karena berolahraga juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat.

Usahakan melakukan latihan aerobik intensitas sedang selama 150 menit seminggu. Atau, lakukan latihan aerobik intensitas tinggi selama 75 menit dalam seminggu.

3. Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan akan memberi tekanan ekstra pada jantung dan pembuluh darah. Menurunkan hanya 5 sampai 10 persen dari berat badan akan membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat.

Lakukan upaya penurunan berat badan secara bertahap, tetapi tidak terlalu menyiksa sehingga bisa bertahan dalam jangka panjang dibandingkan diet ketat dan ekstrem.

Baca juga: Manfaat Berolahraga, Bukan Cuma Turunkan Berat Badan

4. Berhenti merokok

Ribuan bahan kimia yang dilepaskan di setiap kepulan asap tembakau mempersempit arteri dan merusak jantung.

Ilustrasi treadmillDragonImages Ilustrasi treadmill

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com