Kompas.com - 29/09/2020, 08:27 WIB
Ilustrasi steak. SHUTTERSTOCKIlustrasi steak.

KOMPAS.com - Diet keto menjadi salah satu diet populer dalam beberapa tahun terakhir karena pola makan diet ini dianggap tidak menyiksa. Sebab, meski harus membatasi asupan karbohidrat, tetapi bisa bebas mengonsumsi lemak dan protein dalam jumlah tinggi.

Mereka yang menjalani diet keto mengaku merasakan sejumlah manfaat, seperti mengurangi nafsu makan dan menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Namun demikian, temuan terbaru menunjukkan bahwa diet ini tidak aman bagi kesehatan jantung. 

Para peneliti di National Jewish Health meninjau temuan studi terdahulu terkait diet keto serta diet intermiten (puasa).

"Kedua jenis diet tersebut bisa membantu seseorang menurunkan berat badan untuk jangka waktu pendek dan berkontribusi terhadap kesehatan jantung," tulis para peneliti mengenai temuan itu.

Para peneliti menyebutkan, pola makan pelaku diet keto berisiko bagi kesehatan pembuluh darah karena cenderung tinggi lemak, terutama lemak jenuh.

Baca juga: Diet Keto, Lebih Banyak Risiko atau Manfaatnya?

 

Selain itu, tren penurunan berat badan cenderung tidak berkelanjutan setelah seseorang menjalani diet itu untuk waktu satu tahun.

"Tidak jelas apakah penurunan berat badan disebabkan oleh ketosis atau karena pembatasan kalori," kata peneliti.

Peneliti menambahkan, ada bukti bahwa penerapan diet keto dalam jangka panjang bisa memicu pengerasan pada arteri, dan memiliki risiko kematian lebih besar.

Kendati begitu, ada sejumlah manfaat diet keto bagi penderita diabetes, yaitu menurunkan kadar gula darah dan insulin.

Halaman:


Sumber FOXNEWS
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X