Sikat Gigi Bisa Jadi Tempat Tumbuh Bakteri, Ini Cara Membersihkannya

Kompas.com - 29/09/2020, 09:25 WIB
Ilustrasi sikat gigi mdphoto16Ilustrasi sikat gigi

KOMPAS.com - Agar proses menyikat gigi bisa membersihkan secara efektif, diperlukan sikat gigi yang bersih. Namun apakah kamu yakin sudah merawat dan membersihkannya dengan benar?

Memastikan sikat gigi bersih secara menyeluruh sebenarnya tidak rumit, dokter gigi Karyn Dahn, DDS mengatakan, membersihkan dengan air panas ternyata sudah cukup.

Di dalam mulut kita hidup bakteri flora alami yang diperlukan untuk rongga mulut yang sehat, dan kita tidak perlu menghilangkannya sepenuhnya dari sikat gigi.

American Dental Association (ADA) mengutip sebuah penelitian, tidak ditemukan bukti efek negatif dari adanya bakteri normal pada sikat gigi.

Malah jika bakteri tersebut tidak ada, mikroorganisme oportunis seperti ragi dan jamur akan mengambil alih.

"Kita memerlukan sejumlah bakteri alami di mulut kita, tetapi bukan di sekitar gigi atau jaringan gusi," kata Dr. Kahn.

Baca juga: Mengapa Setelah Sikat Gigi Tak Perlu Kumur dengan Air

Dr. Kahn berbagi empat tips untuk membersihkan sikat gigi secara efektif, seperti dilansir Cleveland Clinic.

1. Jeli melihat kebersihan sikat

Sikat gigi harus terlihat bersih dan lurus. Waspadai jika ada perubahan warna, penumpukan kotoran, atau bulu sikat yang kusut.

Jika kamu melihat semua tanda itu, maka saatnya mengganti sikat gigi. Jika ada sisa pasta gigi atau makanan terselip di sikat gigi, pastikan untuk membilasnya dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X