Dior Pastikan Kain Endek Bali pada Koleksinya Dipakai Sesuai Adat

Kompas.com - 30/09/2020, 20:00 WIB
Kain Endek Bali digunakan oleh rumah mode Christian Dior untuk koleksi Spring/Summer 2021 Dokumen KBRI PerancisKain Endek Bali digunakan oleh rumah mode Christian Dior untuk koleksi Spring/Summer 2021

KOMPAS.com - Rumah mode Christian Dior menggelar fashion show untuk koleksi Spring/Summer 2021 di ajang Paris Fashion Week pada Selasa (29/9/2020).

Uniknya, dalam salah satu koleksi bertema “Kolase”, Dior menggunakan kain Endek Bali sebagai salah satu materialnya.

Tak hanya pada pakaian, kain Endek Bali juga dipakai oleh Dior pada koleksi tasnya.

Dari sekitar 86 desain koleksi terbaru Christian Dior itu ada sekitar 9 motif kain Endek Bali yang digunakan.

Artistic Director Dior menyatakan bahwa keputusan Christian Dior untuk menggunakan kain Endek Bali dilakukan karena ingin mengangkat nilai dari kebudayaan serta hasil keterampilan terutama oleh para penenun perempuan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

The opening look of the #DiorSS21 show from @MariaGraziaChiuri set the mood for a collection focused on an exploration of the possibilities of cut and decoration, and the evolving priorities of the world today. And so this standout unstructured coat is composed of a patchwork of warp-print fabrics, particularly the Indonesian ikat version known as Endek, and recomposed archival scarf print motifs, slinking loosely or wrapping snugly around the body as the wearer wishes, and completely reversible. Scored by a stirring performance of ‘Sangu di Rosa’, a choral work by Lucia Ronchetti sung by Sequenza 9.3, the atmospheric show unfolded through a spectrum of equally exquisite color.

A post shared by Dior Official (@dior) on Sep 30, 2020 at 3:55am PDT

Adapun dalam menggunakan kain Endek Bali, Christian Dior berkoordinasi dan menjalin kerjasama dengan KBRI Perancis untuk memastikan penggunaan kain tersebut sesuai dengan aturan budaya dan adat Bali.

Penggunaan kain Endek Bali juga didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Bali. Namun, pihaknya meminta Dior untuk menghormari HAKI dari kain Endek, serta kain Endek yang digunakan harus asli produksi Bali.

"Kami memberikan apresiasi yang tinggi atas dukungan dan gerak cepat tim Percepatan Pemulihan Ekonomi Kemlu dan Gubernur Bali beserta timnya, sehingga Christian Dior mendapat dukungan penuh untuk menggunakan kain Endek Bali untuk koleksinya," tutur Dubes RI untuk Perancis, Arrmanatha Christiawan Nasir dalam siaran persnya.

Sedangkan desainer pakaian Dior, Maria Grazia Chiuri mengungkapkan bahwa koleksi ini adalah bentuk dialog yang ia lakukan pada wanita di seluruh dunia.

“Jadi mungkin juga untuk itulah saya ingin berdialog dengan wanita lain, saya tidak ingin menutup diri di kamar, tinggal sendiri,” ujar Maria seperti dikutip dari Reuters.

Baca juga: Dior Gunakan Kain Endek Bali di Paris Fashion Week



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X