Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rekomendasi Warna Cat Kamar agar Tidur Lebih Rileks

Kompas.com - 01/10/2020, 10:27 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Memilih warna cat kamar tidur memang tergantung pada selera pribadi, dan tentunya ada pertimbangan estetika tersendiri.

Namun, secara psikologis, pemilihan warna cat kamar dapat memengaruhi kemampuan kita untuk tidur.

Dilansir Healthline, warna-warna tertentu dapat membuat kita lebih rileks, sedangkan warna lainnya merangsang pikiran dan membuat kita lebih terjaga.

Secara umum, pilihlah warna yang lebih redup sebagai pilihan terbaik untuk dinding kamar tidur. Beberapa warna cat kamar yang bisa membantu kita tidur lebih rileks, di antaranya:

1. Biru
Biru bisa dikatakan warna terbaik untuk kamar tidur. Tidak hanya lebih redup, sebuah penelitian pada 2018 mengungkapkan bahwa warna biru juga memberikan efek menenangkan pada otak. Penelitian tersebut dilakukan terhadap dinding aula sebuah universitas.

Semua pilihan warna biru dapat membangkitkan suasana ketenangan, tetapi gunakan warna yang lebih terang di dinding kamar untuk efek terbaik.

Baca juga: 4 Kiat Bikin Rileks di Kamar Tidur

2. Hijau
Warna hijau dapat mengingatkan kita pada alam, yang dapat membuat kita merasa lebih rileks. Bagi banyak orang, hijau juga merupakan warna pilihan yang harmonis dan menyegarkan.

3. Kuning
Meskipun warna kuning tidak selalu memicu untuk tidur, warna ini termasuk salah satu yang direkomendasikan karena merupakan konotasi warna yang menyenangkan.

Seperti halnya biru dan hijau, menggunakan warna yang lebih terang untuk kamar tidur cenderung tidak mengalihkan perhatian kita dari tidur.

Baca juga: Benarkah Kurang Tidur Sebabkan Seseorang Tak Bisa Menikmati Hal Positif dalam Hidupnya?

4. Warna tanah
Warna-warna tanah tertentu juga cocok untuk dinding kamar, selama tidak terlalu gelap. Pilihan lainnya termasuk krem dan putih lembut. Perak adalah alternatif lain yang dapat menciptakan suasana yang lebih damai yang kondusif untuk tidur yang lebih nyenyak.

 

Warna cat dinding yang harus dihindari

Warna yang terlalu terang harus dihindari untuk dinding kamar tidur. Beberapa di antaranya adalah warna merah dan jingga karena dianggap sebagai warna yang energik dan membangkitkan semangat.

Sebuah penelitian pada tahun 2014 menunjukkan bahwa warna merah dapat meningkatkan naluri "fight or flight (melawan atau lari), membuat kita lebih waspada dan sadar akan lingkungan sekitar.

Warna merah muda cerah atau neon dan ungu juga dianggap terlalu merangsang sehingga dapat mengganggu usaha untuk tidur.

Selain itu, warna abu-abu gelap dan coklat juga tidak disarankan karena dapat menimbulkan perasaan tidak pasti.

Jika kamu ingin warna yang lebih hidup untuk kamar tidur, pertimbangkan versi yang lebih lembut. Misalnya, warna ungu cerah dapat ditukar dengan lavender atau warna merah terang dapat diganti dengan warna salmon lembut.

Pertimbangkan menggunakan warna yang lebih energik untuk ruangan lain di rumah, misalnya ruang untuk bekerja atau ruang bermain anak.

Apa pun warna yang kamu pilih, jenis cat sama pentingnya untuk dipertimbangkan demi mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Cat yang terlalu mengilap (glossy) dapat memantulkan cahaya dan dapat merangsang otak, yang pada akhirnya bisa membuatmu lebih terjaga. Penggunaan cat dengan matte finish akan lebih baik untuk kamar tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com