Earthing, Perbaiki Mood dan Baik untuk Jantung

Kompas.com - 01/10/2020, 15:11 WIB
Ilustrasi bertelanjang kaki shutterstockIlustrasi bertelanjang kaki
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Grounding atau earthing adalah teknik terapi dengan melakukan aktivitas yang membuat seseorang terhubung ke bumi.

Sederhananya, aktivitas yang dilakukan membuat fisik seseorang bersentuhan langsung dengan bumi atau tanah sehingga gelombang elektrik bumi membawa dampak positif bagi tubuh.

Beberapa riset menyebut manfaat earthing baik untuk mood dan meredakan rasa sakit.

Earthing bisa dilakukan di mana saja, baik dalam maupun luar ruangan. Jika belum terbiasa melakukan grounding pun, bisa mencoba dengan menggunakan alas. Bentuknya bisa berupa mat, selimut, kain, atau kaos kaki. Semua bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Manfaat earthing atau grounding

Hingga kini, riset tentang manfaat earthing atau grounding masih terbatas. Salah satu teori yang mendasarinya adalah melakukan grounding dapat berpengaruh terhadap matriks kehidupan yang menghubungkan tiap sel.

Nah, beberapa manfaat earthing yang sering disebutkan di antaranya:

1. Memperkuat imun tubuh

Adanya gelombang elektrik dari bumi yang diperoleh saat earthing berkhasiat seperti halnya antioksidan, sehingga baik untuk sistem kekebalan tubuh seseorang.

Dengan melakukan earthing, sistem imun alami seseorang bisa kembali optimal.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X