Kompas.com - 01/10/2020, 22:11 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tahun ini genap 50 tahun grup band Black Sabbath mengeluarkan album pertamanya. Bagi mereka yang mengingatnya, sampul album pertama ini terkesan menyeramkan namun sekaligus ikonik.

Pada sampul itu terlihat seorang wanita seperti penyihir mengenakan mantel hitam sedang berdiri di depan bangunan tua yang terkesan angker. Sampai sekarang orang bahkan masih meperdebatkan apakah ia memegang kucing hitam atau sekedar memeluk mantelnya.

Uniknya lagi, identitas wanita itu dirahasiakan selama bertahun-tahun, sampai 50 tahun kemudian fotografer yang mengambil gambarnya buka suara.

Menurut fotografer bernama Keith “Keef” Macmillan, perempuan dalam album Black Sabbath adalah seorang model yang dikenal sebagai Louisa Livingstone. Livingstone berusia 18 tahun saat ia berpose untuk album Black Sabbath.

Lokasi pengambilan foto dilakukan di Mapledurham Watermill yang dibangun abad ke-15 di Oxfordshire, sekitar 80 menit berkendara dari London. Macmillan mengambil foto itu pagi-pagi agar mendapat suasana magis seperti yang diinginkan.

Dr Martens 1460 Black SabbathDr Martens Dr Martens 1460 Black Sabbath
Sedangkan Livingstone, yang baru-baru ini bersedia bicara, mengenang betapa ia harus bangun sekitar pukul empat pagi di cuaca sangat dingin untuk difoto.

"Benar-benar membeku," ujarnya. "Saya ingat Keith bergegas membawa es kering, melemparkannya ke kolam di dekatnya, namun tampaknya tidak menghasilkan efek yang diharapkan, jadi dia menggunakan mesin asap."

Rupanya Macmillan juga membawa seekor gagak yang diawetkan dan kucing hitam hidup. Macmillan mengatakan bahwa Livingstone memegang kucing itu pada pengambilan gambar terakhir, tetapi Livingstone sendiri tidak ingat tentang kucing itu.

Kini, 50 tahun kemudian, gambar dalam cover album itu digunakan kembali oleh brand sepatu Dr Martens dalam boots seri 1460-nya.

Boots ini memiliki lubang tali berwarna ungu, dan lencana motif iblis atau malaikat terbang yang menjadi lambang Black Sabbath. Di bagian belakangnya ada tulisan Black Sabbath di kulit berwarna hitam.

Dr Martens 1461 ParanoidDr Martens Dr Martens 1461 Paranoid
Kolaborasi bersama grup dengan vokalis Ozzy Osbourne ini juga menyertakan sepatu seri 1461, yang terinspirasi oleh album Paranoid. Mirip dengan album pertama, Paranoid menampilkan karya seni yang dirancang oleh Keith McMillan.

Untuk sepatu ini, sampul album dicetak secara digital di pergelangan kaki, sementara emboss Black Sabbath ditambahkan ke bagian depan.

Kabarnya sepatu Dr Martens X Balck Sabbath ini akan tersedia pada 1 Oktober, dan sepertinya juga akan masuk ke Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.