Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Perempuan Misterius dalam Sepatu Dr Martens

Kompas.com - 01/10/2020, 22:11 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Tahun ini genap 50 tahun grup band Black Sabbath mengeluarkan album pertamanya. Bagi mereka yang mengingatnya, sampul album pertama ini terkesan menyeramkan namun sekaligus ikonik.

Pada sampul itu terlihat seorang wanita seperti penyihir mengenakan mantel hitam sedang berdiri di depan bangunan tua yang terkesan angker. Sampai sekarang orang bahkan masih meperdebatkan apakah ia memegang kucing hitam atau sekedar memeluk mantelnya.

Uniknya lagi, identitas wanita itu dirahasiakan selama bertahun-tahun, sampai 50 tahun kemudian fotografer yang mengambil gambarnya buka suara.

Menurut fotografer bernama Keith “Keef” Macmillan, perempuan dalam album Black Sabbath adalah seorang model yang dikenal sebagai Louisa Livingstone. Livingstone berusia 18 tahun saat ia berpose untuk album Black Sabbath.

Lokasi pengambilan foto dilakukan di Mapledurham Watermill yang dibangun abad ke-15 di Oxfordshire, sekitar 80 menit berkendara dari London. Macmillan mengambil foto itu pagi-pagi agar mendapat suasana magis seperti yang diinginkan.

Dr Martens 1460 Black SabbathDr Martens Dr Martens 1460 Black Sabbath
Sedangkan Livingstone, yang baru-baru ini bersedia bicara, mengenang betapa ia harus bangun sekitar pukul empat pagi di cuaca sangat dingin untuk difoto.

"Benar-benar membeku," ujarnya. "Saya ingat Keith bergegas membawa es kering, melemparkannya ke kolam di dekatnya, namun tampaknya tidak menghasilkan efek yang diharapkan, jadi dia menggunakan mesin asap."

Rupanya Macmillan juga membawa seekor gagak yang diawetkan dan kucing hitam hidup. Macmillan mengatakan bahwa Livingstone memegang kucing itu pada pengambilan gambar terakhir, tetapi Livingstone sendiri tidak ingat tentang kucing itu.

Kini, 50 tahun kemudian, gambar dalam cover album itu digunakan kembali oleh brand sepatu Dr Martens dalam boots seri 1460-nya.

Boots ini memiliki lubang tali berwarna ungu, dan lencana motif iblis atau malaikat terbang yang menjadi lambang Black Sabbath. Di bagian belakangnya ada tulisan Black Sabbath di kulit berwarna hitam.

Dr Martens 1461 ParanoidDr Martens Dr Martens 1461 Paranoid
Kolaborasi bersama grup dengan vokalis Ozzy Osbourne ini juga menyertakan sepatu seri 1461, yang terinspirasi oleh album Paranoid. Mirip dengan album pertama, Paranoid menampilkan karya seni yang dirancang oleh Keith McMillan.

Untuk sepatu ini, sampul album dicetak secara digital di pergelangan kaki, sementara emboss Black Sabbath ditambahkan ke bagian depan.

Kabarnya sepatu Dr Martens X Balck Sabbath ini akan tersedia pada 1 Oktober, dan sepertinya juga akan masuk ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com