Kompas.com - 02/10/2020, 15:33 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump berinteraksi dengan delegasi setelah berbicara pada hari pertama Konvensi Nasional Partai Republik di Charlotte, Carolina Utara, Senin sore (24/8/2020). Konvensi resmi mencalonkan kembali Trump untuk periode kedua menghadapi calon presiden (capres) Partai Demokrat Joe Biden pada pemilihan presiden (pilpres) 3 November mendatang AFP/GETTY IMAGES/LOGAN CYRUSPresiden Amerika Serikat Donald Trump berinteraksi dengan delegasi setelah berbicara pada hari pertama Konvensi Nasional Partai Republik di Charlotte, Carolina Utara, Senin sore (24/8/2020). Konvensi resmi mencalonkan kembali Trump untuk periode kedua menghadapi calon presiden (capres) Partai Demokrat Joe Biden pada pemilihan presiden (pilpres) 3 November mendatang

KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (ASP) Donald Trump mengumumkan dia dan istrinya Melania Trump terdeteksi positif mengidap Covid-19. Kabar tersebut disampaikan lewat akun Twitter pribadi Trump @realDonaldTrump.

Sejumlah dokter mengingatkan bahwa Presiden ke-45 AS memiliki beberapa faktor risiko komplikas Covid-19, termasuk usia dan kelebihan berat badan.

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal medis The Lancet pada Maret menemukan bahwa untuk sementara, tingkat kematian untuk orang dengan Covid-19 adalah 1,4 persen.

Angka ini meningkat menjadi 8,6 persen pada orang berusia sekitar 70 tahun.

Studi tersebut didasarkan pada data dari Cina. Dr Barry Dixon, seorang dokter perawatan intensif di rumah sakit St Vincent di Melbourne mengatakan, risiko Trump akan meningkat jika ia tubuhnya mengembangkan pneumonia.

Pneumonia sendiri kerap dikaitkan dengan tingkat kematian Covid-19 yang tinggi, terutama pada pasien berusia di atas 65 tahun, pasien yang memiliki penyakit kardiovaskular atau kondisi yang memengaruhi pembuluh darah otak.

Dixon mengingatkan adanya faktor risiko dan komorbiditas lain, seperti apakah seseorang merupakan perokok berat, menderita diabetes, atau menderita penyakit jantung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Faktor risiko utama Trump yang kami ketahui adalah usianya dan fakta bahwa dia kelebihan berat badan, itu akan menjadi faktor risiko tinggi," ujarnya, seperti dilansir The Guardian.

Dixon mengatakan gejala ringan bukanlah indikator bahwa seseorang akan terhindar dari penyakit yang lebih parah. Jaraknya sekitar satu minggu di mana orang-orang tampak membaik atau semakin parah dengan segera.

“Secara tipikal orang-orang cenderung menjnjukkan gejala sangat ringan pada minggu pertama dan pada minggu kedua biasanya bisa terlihat apakah orang tersebut terserang pneumonia atau tidak,” katanya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.