Kompas.com - 02/10/2020, 15:55 WIB
Ilustrasi anak makan ShutterstockIlustrasi anak makan

KOMPAS.com – Status gizi anak dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas makanan yang dikonsumsi. Variasi jenis nutrisi yang mengikuti pola makan bergizi seimbang bukan hanya menyehatkan, tapi juga dapat mengusir kebosanan.

Seperti halnya orang dewasa, anak juga akan cepat bosan jika orangtunya hanya menyediakan makanan yang itu-itu saja. Orangtua pun dituntut lebih kreatif dalam menyajikan makanan dengan gizi seimbang.

Dokter spesialis gizi klinis Juwalita Surapsari, menjelaskan bahwa gizi seimbang dapat dicapai apabila makanan yang dikonsumsi dalam jumlah cukup, berkualitas baik, dan beragam jenisnya untuk memenuhi berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

“Porsinya tentu disesuaikan dengan usia anak. Sedangkan jadwal makan harus teratur tiga kali sehari, dengan ditambahkan makanan selingan,” kata Juwalita dalam webinar bertajuk Bicara Gizi yang diadakan Danone (30/9).

Pedoman Isi Piringku yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan bisa menjadi acuan bagi orangtua.

Baca juga: Mengapa Anak Jadi Susah Makan Selama Pandemi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk anak usia 1-3 tahun, misalnya, dalam sekali makan pada satu piring sebaiknya terdiri dari sepertiga makanan pokok, sepertiga sayuran, seperenam buah-buahan, dan seperenam lauk-pauk.

Satu porsi makanan pokok bisa diberikan nasi 100 gram atau bisa diganti dengan kentang dua buah, atau jagung segar tiga buah.

Sementara itu, satu porsi lauk-puk bisa berupa daging ayam satu potong ukuran sedang, daging sapi sepotong ukuran sedang, satu butir telur ayam, susu sapi satu gelas, atau pun temped an tahu dua potong ukuran sedang.

Menurut Juwalita, sumber protein yang utama untuk anak batita memang protein hewani, namun protein nabati juga penting.

“Asam amino protein hewani memang lebih lengkap dan kandungan di dalamnya lebih mudah diserap tubuh. Tetapi protein nabati juga mengandung lemak baik, antioksidan dan antikolesterol, serta serat,” katanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.