Kompas.com - 02/10/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi memasang ubin shutterstockIlustrasi memasang ubin

KOMPAS.com - Definisi rumah bagi banyak orang adalah tempat beristirahat. Maka tak heran bila sebagian besar orang mendesain rumahnya senyaman mungkin sampai hal-hal kecil seperti ubin sangat diperhatikan.

Pemilihan ubin saat membangun atau merenovasi rumah sangatlah penting. Sebab jenis dan material antara satu ubin dengan ubin yang lainnya bisa berbeda.

Ada ubin keramik, porselen, marmer dan granit. Ada pula ubin dekoratif seperti mosaik, resin, batu alam, kuari, dan lainnya.

Setiap jenis ubin harus dipasang di area yang tepat. Kesalahan dalam memilih ubin dapat mengacaukan proyek pembangunan atau renovasi rumah.

Berikut kesalahan pemilihan ubin yang banyak dilakukan oleh pemula seperti yang dikutip dari Asia One.

1. Tidak memeriksa tingkat ketahanan terhadap kotoran dan noda

Tingkat ketahanan kotoran dan noda berpengaruh pada biaya perawatan. Ubin yang mudah lembap dan mudah kotor tentunya tidak tahan lama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, ubin juga harus sesering mungkin dibersihkan sehingga menambah biaya. Jadi, pilihlah ubin yang tahan kotoran dan noda seperti keramik dan porselen.

2. Kurang memerhatikan tingkat kelicinan ubin

Jenis ubin tertentu memiliki pola permukaan yang licin sehingga tidak cocok untuk dipasang di area seperti dapur dan kamar mandi. Beberapa orang ada yang lupa akan hal ini sehingga malah bisa berbahaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber asiaone
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.