Kompas.com - 03/10/2020, 13:19 WIB
Artis peran yang juga pembawa acara Jessica Iskandar dan putranya El Barack Alexander saat menikmati waktu bersama. Instagram Jessica IskandarArtis peran yang juga pembawa acara Jessica Iskandar dan putranya El Barack Alexander saat menikmati waktu bersama.

KOMPAS.com— Akun Instagram artis peran yang juga pembawa acara Jessica Iskandar banjir kritikan setelah ia mengunggah foto dirinya sedang mencium bibir putranya, El Barack Alexander.

Warganet menilai bahwa ciuman bibir Jedar dengan putranya tidak pantas dilakukan.

“Yah betul kurang pantas ciumanya sm anak begitu apalagi itu anak laki ciumannya mesra banget, ini bukan ngejulidin orang tapi nggak pantas aja diliatnya kecuali masih orok,” tulis yang lain.

Ada pula yang membela ciuman Jedar dengan El Barack. Menurut mereka, meski ciuman di bibir, namun itu hanyalah bentuk ungkapan kasih sayang.

“Lah anak gue juga cowok umur 2th sering banget gua ciumin bibir nya karna gumusshhhhh ngapa kaga boleh sih kocak ni para netizen yg negatif thinking,” bela salah satu warganet.

Baca juga: Erick Iskandar Ungkap Hubungan Jedar-Richard Kyle dan Kondisi El Barack

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

True love of my life???? #bali code JEDAR gets you 5% off your next villa stay with Elite Havens @elitehavens @theimanbali @dusit_hotels #theimanvilla #elitehavens #anelitehaven #dusit

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

A post shared by Jessica Iskandar (@inijedar) on Oct 1, 2020 at 3:52pm PDT

Terlepas dari kontroversinya, sebenarnya apa sih dampak psikologi dan kesehatan saat orangtua mencium bibir anak? 

Psikolog anak Charlotte Reznick mengatakan, memang tak ada larangan untuk orangtua yang ingin mencium bibir anaknya.

Tetapi, perilaku mencium bibir yang dibarengi dengan ciuman paksa, memaksa makan, menggelitik secara agresif, dan lain-lain, akan membuat orangtua menjadi orangtua yang “invasif”. Hal ini dapat menyebabkan anak mengalami “sindrom korban”.

”Yang secara praktis membuat anak tidak bisa mengatakan tidak dan menjaga batasan pribadi saat berinteraksi dengan orang lain (nantinya),” ujarnya.

Baca juga: 5 Pembelajaran bagi Orangtua untuk Bentuk Kepribadian Anak

Dampak kesehatan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.