Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2020, 12:11 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Badan yang terlalu kurus terkadang bisa menurunkan rasa percaya diri. Namun jangan khawatir, karena ada banyak jenis olahraga untuk menaikkan berat badan yang bisa kita coba di rumah.

Selain mudah, berbagai jenis olahraga untuk menaikkan berat badan ini dianggap ampuh untuk membuat badan berisi dan membesarkan otot, lho.  

Perlu diketahui, dengan berolahraga, tubuh akan membakar lemak sehingga seseorang yang gemuk bisa menjadi lebih langsing.

Namun olahraga juga membangun otot, sehingga bagi mereka yang kurus, badannya akan terlihat makin besar karena otot yang tumbuh. Intinya, olahraga mengurangi lemak, tapi menambah otot.

Ada berbagai olahraga yang dianggap ampuh menaikkan berat badan karena bisa meningkatkan massa otot. Ditambah lagi, dengan pola diet yang sehat, sederet jenis olahraga di bawah ini dapat memaksimalkan usaha meningkatkan berat badan.

1. Push up

Ilustrasi push upDragonImages Ilustrasi push up
Push up merupakan salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan karena bisa dilakukan tanpa alat apa pun.

Meski demikian, jangan meremehkan gerakan olahraga yang satu ini karena dampaknya sangat baik untuk tubuh terutama untuk membangun otot lengan dan punggung.

Gerakan push up juga sederhana, kamu hanya perlu menghadap ke lantai, kemudian letakkan kedua tangan di sebelah badan. Setelah itu, angkat berat tubuh menggunakan kedua tangan.

Ingat, jagalah postur tubuh agar punggung dan kaki tetap lurus. Dengan begitu, manfaat push up untuk menaikkan berat badan akan terasa lebih maksimal.

Saat melakukan push up, usahakan tubuh jangan sampai menyentuh lantai, ya.

Baca juga: Manfaat Push Up Jika Dilakukan Setiap Hari

2. Pull up

Ilustrasi olahraga chin-ups.FlyMint Agency Ilustrasi olahraga chin-ups.
Pull up adalah olahraga untuk menaikkan berat badan yang dilakukan dengan berdiri sambil mengangkat tubuh ke atas.

Untuk melakukannya, kita membutuhkan batang yang kokoh yang menempel di dinding atau pull up bar yang bisa dibeli di toko olahraga.

Saat meletakkan kedua tangan di pull up bar atau batang kokoh, usahakan jangan terlalu dekat dengan wajah. Lebarkan pegangan tangan hingga menjauh dari wajah.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com