Kompas.com - 05/10/2020, 07:04 WIB
Desainer Kenzo Takada shutterstockDesainer Kenzo Takada

KOMPAS.com - Desainer Jepang yang berbasis di Paris, Kenzo Takada, meninggal dunia di Paris, Prancis hari Minggu, (04/10/2020) kemarin karena komplikasi Covid-19.

Takada adaah desainer yang dikenal karena menciptakan rumah mode mewah internasional, "Kenzo".

Berita ini disampaikan oleh juru bicara brand mewah milik Takada, K-3, melalui sebuah pernyataan kepada CNN.

"Dengan kesedihan yang luar biasa, K-3 mengumumkan kehilangan direktur artistik kenamaannya, Kenzo Takada."

"Desainer terkenal dunia meninggal dunia pada tanggal 4 Oktober 2020 karena komplikasi terkait Covid-19 pada usia 81 tahun di American Hospital, di Neuilly-sur-Seine, Prancis," demikian bunyi pernyataan tersebut, seperti dilansir CNN.

Takada mengguncang Paris pada debut lini modenya di 1970. Saat itu, rancangan dari butik pertamanya, Jungle Jap, ludes terjual.

Ilustrasi Kenzoshutterstock Ilustrasi Kenzo
Ciri khas desainnya adalah perpaduan warna-warna mencolok dan motif yang saling tabrak, terinspirasi oleh perjalanannya ke seluruh dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Takada kemudian meresmikan toko utamanya di Paris "Place des Victoires" pada tahun 1976, dan selama tiga dekade berikutnya ia mengumpulkan banyak penghargaan dan pencapaian, termasuk muncul di banyak sampul majalah, peluncuran kerajaan parfum dan pada 1993, dan karyanya dibeli oleh merek mewah LVMH.

Ia kemudian pensiun dan mengejar kegiatan kreatif lainnya di 1999.

"Kenzo Takada sangat kreatif. Dengan kejeniusannya, dia membayangkan sebuah cerita artistik dan penuh warna yang menggabungkan timur dan barat, yakni negara asalnya Jepang (timur) dan negara tempat tinggalnya di Prancis (barat)," ungkap CEO K-3, Jonathan Bouchet Manheim melalui sebuah pernyataan.

Menurut Manheim, Takada merupakan sosok pendiam dan pemalu pada awalnya, namun sebetulnya merupakan pribadi yang senang humor dan selalu tahu bagaimana menjaga suasana yang baik ketika bersama orang-orang yang dekat dengannya.

"Dia memiliki semangat hidup...Kenzo Takada adalah lambang seni hidup," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.