Kompas.com - 05/10/2020, 09:14 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan mental bukan hanya penting untuk orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Sebab anak-anak juga bisa mengalami stres. Entah karena urusan sekolah, pertemanan, maupun hal lain.

Kesehatan mental yang tidak terjaga dengan baik dapat menciptakan masalah di kemudian hari. Oleh karenanya, penting bagi orangtua untuk memastikan anaknya tidak mengalami stres berlebih atau bahkan depresi.

Cara menjaga kesehatan mental pada anak sebenarnya cukup mudah, yakni mengajak mereka berinteraksi dengan alam. Kegiatan tersebut memberikan manfaat menenangkan dan menyejahterakan mental anak.

Berikut tips mudah menjaga kesehatan mental anak seperti yang tertulis dalam laman Indian Express.

1. Berjemur di bawah sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat memperkuat sistem saraf otak dan melepaskan hormon serotonin yang bisa meningkatkan suasana hati. Hormon tersebut juga membantu anak merasa tenang dan fokus.

Selain itu, serotonin juga merangsang hormon melatonin yang dapat memicu otak untuk tidur nyenyak di malam hari. Manfaat lain dari berjemur adalah merangsang pembentukan vitamin D.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ajaklah anak berjemur di pagi hari paling tidak selama 15 menit atau melakukan olahraga di ruang terbuka sambil terpapar sinar matahari.

Baca juga: Mengapa Berjemur Matahari Penting di Masa Pandemi Covid-19?

2. Berkebun

Mengajak anak untuk berkebun juga bisa membantu meredakan stres. Pilih tanaman yang disenangi anak seperti pohon buah atau bunga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.