Kompas.com - 05/10/2020, 09:54 WIB
Ilustrasi pasien infeksi virus corona, pasien Covid-19. Shutterstock/Pordee AomboonIlustrasi pasien infeksi virus corona, pasien Covid-19.
|
Editor Wisnubrata

 

KOMPAS.com - Salah satu ciri khas infeksi virus corona, atau Covid-19 adalah gejala khas berupa hilangnya indera perasa dan indera penciuman.

Dalam studi baru yang diterbitkan dalam jurnal PLOS Medicine, peneliti melakukan survei terhadap 590 orang yang pernah kehilangan indera perasa atau penciuman.

Dari jumlah yang ada, 567 orang diuji untuk Covid-19 dan hampir 78 persen dinyatakan positif memiliki antibodi virus tersebut, yang berarti mereka terjangkit.

Hampir 40 persen partisipan yang memiliki antibodi untuk Covid-19 ini justru tidak merasakan batuk atau demam selama terinfeksi virus.

Para peneliti juga menemukan, partisipan yang kehilangan indera penciuman lebih mungkin mengembangkan antibodi virus tiga kali lipat dibandingkan mereka yang kehilangan indera perasa.

Sementara itu, partisipan yang kehilangan baik indera penciuman maupun indera perasa lebih mungkin memiliki antibodi terhadap virus sebesar empat kali lipat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rachel Batterham, Ph.D., co-author studi, sekaligus profesor di University College London, Inggris mengatakan, dia bersama tim penelitinya melakukan studi di bulan April dan Mei lalu, saat puncak gelombang pertama Covid-19 di Inggris.

"Hilangnya indera penciuman tadinya tidak dikenali sebagai gejala Covid-19," ujar Batterham.

"Namun, saya sadar ada rekan saya yang tiba-tiba kehilangan penciumannya, jadi kami yakin ini adalah gejala utama virus."

Sebelumnya, lanjut dia, tes Covid-19 tidak dilakukan kepada seseorang, kecuali jika orang tersebut demam atau batuk terus-menerus.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.