Kompas.com - 05/10/2020, 10:26 WIB


KOMPAS.com – Menjelang akhir tahun yang cuacanya cenderung lebih dingin,  biasanya kita juga akan banyak orang terjangkit flu. Di masa pandemi ini kita juga perlu bersiap menghadapi peningkatan kasus Covid-19.

Musim flu yang terjadi pada 2020-2021 akan sangat bergantung pada seberapa ketat kita menjaga jarak, menghindari pertemuan di dalam ruangan, memakai masker wajah, dan mencuci tangan.

Dalam sebuah siaran online National Foundation for Infectious Diseases (NFID) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ahli epidemiologi Dr. Anthony Fauci menyarankan adanya pemberian vaksin flu sebagai salah satu cara melindungi diri agar tidak tertular flu selama pandemi.

Di wilayah Australia dan Selandia Baru, musim flu berlangsung dari bulan April hingga akhir Agustus. Mereka telah melewati musim flu dan jumlah kasus yang tercatat rendah.

Selain itu, Amerika Serikat juga mengalami tingkat penularan flu yang rendah pada musim panas ini. Jadi, apakah itu berarti musim flu kita mungkin juga ringan?

Medical Director of NFID, Dr. William Schaffner mengatakan, bahwa musim flu yang ringan di Australia dan Selandia Baru disebabkan karena tingkat vaksinasi yang tinggi dan kepatuhan pada tindakan pencegahan keselamatan seperti menjaga jarak secara fisik.

Di Amerika Serikat mungkin tidak terlalu ketat, terutama karena beberapa negara bagian membuka kembali restoran, sekolah, perguruan tinggi, dan bar.

"Populasi kami terbagi menjadi dua kelompok: orang yang sangat berhati-hati dan orang yang ceroboh. Akibatnya, kami benar-benar tidak tahu persis apa yang akan terjadi pada musim flu ini," kata Schaffner.

Untuk itu, para pakar kesehatan sangat menyarankan pentingnya orang-orang mendapatkan vaksinasi influenza tahun ini.

Setiap orang dengan usia 6 bulan ke atas yang tubuhnya sudah terbilang kuat harus mendapatkan vaksinasi flu. Oktober adalah bulan emas untuk mendapatkan vaksinasi karena musim flu biasanya dimulai pada November dan puncaknya pada akhir Januari atau awal Februari.

Halaman:
Sumber Healthline


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.