Mengenal Neem, Tanaman Asal India yang Berkhasiat untuk Kecantikan Kulit

Kompas.com - 05/10/2020, 15:27 WIB
Ilustrasi daun neem. SHUTTERSTOCKIlustrasi daun neem.

KOMPAS.com - Manfaat ekstrak tumbuhan untuk kulit memang tak ada habisnya untuk dieksplorasi. Salah satunya adalah pohon neem. Di Indonesia, sebagian dari kita mengenalnya sebagai daun mimba.

Pohon neem (Azadirachta indica) berasal dari India. Menurut NDTV, di dunia Ayurveda, neem adalah ramuan obat yang telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional sejak hampir 5000 tahun lalu.

Pohon ini adalah rumah bagi lebih dari 130 senyawa aktif biologis yang berbeda. Maka tidak heran jika pohon neem dianggap sebagai anti-virus dan anti-bakteri yang efektif, bersama dengan stimulan kekebalan yang kuat.

Murli Manohar, penulis buku "Ayurveda For All: Effective Ayurvedic Self Cure for Common and Chronic Ailments" mengungkapkan bahwa fungsi utama neem adalah pengobatan gangguan neuromuskular.

Namun, neem juga memiliki manfaat lainnya, seperti membersihkan darah, mencegah kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh, mengeluarkan racun, mengobati gigitan serangga dan bisul.

Jangan terkecoh dengan baunya yang sedikit kuat, karena minyak neem ternyata juga memiliki beragam manfaat untuk kulit. Beberapa di antaranya adalah:

1. Merawat kulit kering
Dilansir Well and Good, minyak neem mengandung bahan-bahan yang bermanfaat bagi kulit, seperti vitamin E dan asam lemak esensial, yang menjadikannya bahan alami yang bagus untuk melawan kulit kering.

Sebuah penelitian menemukan bahwa neem dapat menembus jauh ke dalam kulit, menyembuhkan retakan yang diakibatkan kekeringan parah dan memastikan kelembaban kulit tetap terjaga.

2. Melawan kemunculan kerutan
Penelitian menunjukkan neem dapat membantu merangsang produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit, membantu kulit tetap awet muda seiring bertambahnya usia.

Kandungan vitamin E yang tinggi juga membantu mencegah radikal bebas merusak kulit.

Baca juga: Bahaya Memencet Jerawat Sembarangan dan Cara Mengatasinya

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X