Duduk Terlalu Lama Saat Kerja Berbahaya! Ini Solusinya

Kompas.com - 06/10/2020, 14:32 WIB
Ilustrasi bekerja di akhir pekan saat yang lain merayakan liburan ThinkStock/Todd WarnockIlustrasi bekerja di akhir pekan saat yang lain merayakan liburan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Terlalu lama duduk saat sedang bekerja itu memang tidak sehat. Sejumlah risiko penyakit berbahaya bisa muncul antara lain diabetes melitus, obesitas, jantung, sakit pinggang dan masih banyak lagi.

Lalu, bagaimana solusi supaya kita tidak terlalu lama duduk dan dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit-penyakit tersebut?

Sebuah studi menunjukkan, bahwa berdiri, serta lebih banyak bergerak sepanjang hari akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Kebanyakan Duduk Sama Mematikannya dengan Merokok, Apa Alasannya?

Maka, saat bekerja kita sebaiknya beberapa kali bangkit dari tempat duduk dan sesekali melakukan aktivitas lain dengan berdiri atau jalan-jalan singkat.

“Beberapa penelitian membuktikan kalau orang-orang yang sering duduk itu memiliki peningkatan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung,” kata terapis okupasi, Michael Milicia.

“Meskipun kita aktif bekerja, biasanya tubuh bagian bawah relatif statis dan terjadi penurunan sirkulasi. Lebih sedikit bergerak akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri nantinya," lanjutnya.

Berikut ini beberapa rekomendasi untuk menghindari duduk terlalu lama yang dilansir dari laman Cleveland Clinic.

Baca juga: Duduk Kelamaan Tingkatkan Risiko Depresi, Benarkah?

1. Seringlah beristirahat

Ilustrasi bekerja sambil berdiriAndreyPopov Ilustrasi bekerja sambil berdiri
Istirahat sejenak untuk berdiri, meregangkan tubuh, serta berjalan-jalan agar darah terpompa dan bersirkulasi.

Pakai alarm yang mengingatkan diri sendiri untuk jeda sejenak dan melakukan peregangan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X