Makanan yang Bikin Jerawat Tambah Parah

Kompas.com - 06/10/2020, 15:37 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Di antara semua jenis masalah kulit, jerawat adalah masalah utama yang dialami setiap orang, baik pria atau wanita.  Beberapa diantara kita mungkin sudah melakukan perawatan kulit, namun jerawat tak kunjung pergi.

Rupanya, jerawat tak melulu tentang perawatan kulit bagian luar saja, melainkan juga bagaimana kita mengontrol asupan makanan.

Beberapa jenis makanan tertentu diketahui dapat memperparah kondisi jerawat. Penelitian menyebut, mengurangi makanan dengan indeks glikemik tinggi (makanan yang dengan cepat menaikkan kadar gula darah), secara signifikan juga akan mengurangi jerawat.

Berikut adalah lima makanan yang justru bisa memperparah jerawatmu:

1. Susu skim

Menurut penelliti, rutin mengonsumsi susu rendah lemak atau sering disebut susu skim memiliki kaitan dengan jerawat. Orang yang tidak toleran laktosa juga bisa mengalami masalah kulit karenanya.

Susu akan meningkatkan hormon pertumbuhan yang membuat ketidakseimbangan dalam hormon tubuh yang menyebabkan kulit berminyak dan berjerawat. 

Baca juga: Bahaya Memencet Jerawat Sembarangan dan Cara Mengatasinya

2. Putih telur

Kita selalu mendengar kebalikannya bahwa kuning telur buruk bagi kesehatan. Itu adalah mitos nutrisi dan itu juga tidak mempengaruhi kolesterol dalam darah.

Kuning telur penting untuk kulit karena memiliki Vitamin B yang mempercepat penyembuhan jerawat, kulit kering dan ruam. Jadi, orang dengan masalah jerawat mungkin sebaiknya hanya mengasup bagian kuning telurnya saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Pinkvilla
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X