Kompas.com - 06/10/2020, 17:41 WIB
Ilustrasi pasien virus corona, virus corona ShutterstockIlustrasi pasien virus corona, virus corona

KOMPAS.com - Para ilmuwan masih terus meneliti banyak hal terkait Covid-19, termasuk gejala yang timbul dan menetap pada pasien.

Terbaru, The New York Times melaporkan, sejumlah studi berskala besar menemukan sepertiga pasien yang mereka teliti mengalami perubahan fungsi mental, mulai dari kebingungan, mengigau, hingga tidak responsif.

Studi tersebut meneliti gejala neurologis di antara pasien virus corona di sistem rumah sakit Amerika Serikat.

Menurut penelitian yang diterbitkan Senin kemarin di Annals of Clinical and Translational Neurology, para pasien yang ditemukan mengalami perubahan fungsi mental memiliki hasil medis yang jauh lebih buruk.

Studi tersebut mengamati catatan 509 pasien virus corona yang dirawat di rumah sakit, dari 5 Maret hingga 6 April, di 10 rumah sakit di sistem kesehatan Northwestern Medicine di wilayah Chicago.

Pasien-pasien ini tinggal di rumah sakit tiga kali lebih lama dibandingkan pasien tanpa perubahan fungsi mental.

Menurut penulis senior studi dan kepala penyakit infeksi saraf dan neurologi global di Northwestern Medicine, kata Dr. Igor Koralnik mengatakan, setelah dipulangkan, hanya 32 persen pasien dengan perubahan fungsi mental yang mampu melakukan aktivitas rutinnya sehari-hari seperti memasak dan membayar tagihan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara 89 persen pasien tanpa perubahan fungsi mental dapat melakukan aktivitas mereka tersebut tanpa bantuan.

Pasien dengan perubahan fungsi mental juga hampir tujuh kali lebih mungkin meninggal, dibandingkan mereka yang tidak memiliki masalah tersebut.

Baca juga: Seperti Apa Gejala Ringan yang Dirasakan Penderita Covid-19?

Dalam bahasa medis, kondisi tersebut dinamakan ensefalopati. Dr. Koralnik menjelaskan, ensefalopati adalah istilah umum yang berarti ada kesalahan pada otak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.