Kompas.com - 06/10/2020, 18:26 WIB
Ilustrasi bibir kering, bibir pecah-pecah ShutterstockIlustrasi bibir kering, bibir pecah-pecah

KOMPAS.com - Kewajiban memakai masker karena pandemi Covid-19 tak hanya menimbulkan masalah jerawat pada wajah.

Masalah lain yang timbul adalah bibir yang kering. Sebab, masker biasanya membuat kulit menjadi terlalu lembap dan lalu timbul gesekan.

Belum lagi, masalah kurangnya konsumsi air karena malas melepaskan masker.

Hal lain yang menyebabkan bibir kering adalah kulit di bibir lebih tipis dibandingkan permukaan lainnya.

Baca juga: 5 Cara Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Belum lagi, bibir tak memiliki kelenjar keringat yang melembapkan permukaannya. Itulah mengapa, menjilat bibir pun dapat makin membuatnya kering.

Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah melembapkan dan melindungi bibir. Sayangnya, tak semua masalah bibir kering selesai hanya dengan memakai lip balm.

Cheilitis

Namun terkadang, walaupun kita sudah rajin memakai pelembap, bibir tetap kering, bersisik, gatal, dan bahkan pecah-pecah mengelupas.

Nah, jika kita mengalaminya, itu bisa menjadi tanda kondisi yang disebut cheilitis.

Kondisi ini biasanya terjadi di sekitar batas bibir, terkadang juga terasa hingga pada kulit di sekitarnya dan rongga mulut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber asiaone
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X