Sering Lupa Minum Air, Ini Cara untuk Cegah Dehidrasi

Kompas.com - 07/10/2020, 06:06 WIB
Ilustrasi minum air baiajakuIlustrasi minum air

KOMPAS.com - Dua pertiga dari tubuh manusia terdiri atas air. Oleh karenanya, sangat penting untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup.

Tetap terhidrasi membantu tubuh menjalankan fungsinya dan menjaga kesehatan. Di sisi lain, jumlah air yang harus diminum setiap orang berbeda-beda, tergantung dari berat badan dan tingkat aktivitasnya.

Sayangnya, masih ada beberapa orang yang masih suka lupa minum air dalam jumlah cukup. Bahkan ada yang tidak suka dengan air putih.

Padahal kurang minum dapat menyebabkan dehidrasi yang ditandai dengan urin berwarna gelap, mulut kering, kelelahan, dan hilang konsentrasi. Dehidrasi yang tidak segera ditangani juga bisa mengancam nyawa.

Selain itu, dalam jangka panjang kurang minum dapat menyebabkan sakit kepala kronis, sembelit, infeksi saluran kemih, dan batu ginjal.

Baca juga: Begini Ternyata Aturan Minum Air Putih yang Benar

Namun jangan dulu khawatir, ada kiat jitu untuk orang yang sering lupa minum agar terhindar dari dehidrasi. Berikut ulasannya seperti yang diungkap dalam laman Independent.

1. Tambahkan irisan buah

Idealnya jenis air yang direkomendasikan adalah air putih. Namun beberapa orang ada yang tidak suka rasa air putih.

Untuk menyiasatinya, coba tambahkan irisan buah seperti lemon atau mentimun ke dalam air. Irisan buah bertindak sebagai perasa yang dapat membangkitkan hasrat untuk minum.

Selain itu, bisa juga menambahkan es. Bagaimanapun, air dengan suhu dingin terasa lebih menyegarkan ketika diminum.

Baca juga: Manfaat Ganda Detoks Tubuh dengan Infused Water

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X