4 Cara Aman Main Tinder Agar Tak Jadi Sasaran Kejahatan

Kompas.com - 07/10/2020, 17:10 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.

KOMPAS.com - Mencari kenalan baru lewat aplikasi seperti Tinder memang praktis, mudah dan seru. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, memanfaatkan aplikasi dapat menjadi solusi jika kamu ingin tetap terhubung dengan teman atau mendapat kenalan baru di luar lingkaran pertemanan.

Namun, di balik kemudahan yang ada kita sering sekali mendengar adanya kejahatan yang memanfaatkan platform Tinder. Mulai dari kejahatan seksual, penculikan, hingga pembunuhan. Duh, seram.

Jika kamu ingin mencoba bermain Tinder tapi juga peduli dengan keamanan, simak empat tips berikut agar terhindar dari modus-modus kejahatan:

1. Selektif dalam berkenalan
Cobalah lebih teliti dalam mencari kenalan. Berhati-hatilah jika kamu menemukan seseorang yang menggunakan foto artis terkenal atau sosok lainnya.

Tinder menyediakan fitur Verifikasi Foto, dimana pengguna yang sesuai dengan “asli”-nya akan mendapatkan centang biru sebagai tanda kalau profil tersebut telah diverifikasi.

Fitur ini memberi kamu kesempatan untuk mengambil keputusan yang tepat sebelum kamu swipe kiri atau kanan orang tersebut.

Baca juga: Di-ghosting hingga Dirampok, Pengalaman Buruk Jalani Kencan Online

2. Jangan mudah percaya
Setelah cocok, biasanya sosialisasi akan berlanjut ke komunikasi. Jika sudah sering berkomunikasi dan merasa cocok dengan kenalan baru, hati seseorang cenderung lebih terbuka terhadap hubungan baru.

Namun, jangan mudah percaya dengan kenalan barumu ini. Misalnya, apabila suatu ketika si dia mau meminjam uang, kamu harus berhati-hati untuk memercayai alasannya.

Selain itu, jangan pernah memberikan informasi apapun yang dapat memberikan akses ke akun keuangan kamu. Ingat, kamu bisa menolaknya tanpa perlu merasa tidak enak.

3. Melaporkan
Jika kamu sampai menerima pesan yang sedikit kasar, fitur Prompt dengan kata-kata: “Apakah Ini Mengganggu Kamu?” akan langsung muncul dan bertanya apakah pesan yang kamu terima mengganggu atau tidak.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X