Kompas.com - 07/10/2020, 17:31 WIB
Ilustrasi bercocok tanam, berkebun ShutterstockIlustrasi bercocok tanam, berkebun

KOMPAS.com - Dan Buettner dari American National Geographic telah mempelajari lima tempat di seluruh dunia di mana penduduknya terkenal karena umur panjang mereka yakni, Okinawa di Jepang, Nicoya di Kosta Rika, Icaria di Yunani, Loma Linda di California, dan Sardinia di Italia.

Orang yang tinggal di wilayah yang disebut "zona biru" ini memiliki beberapa kesamaan yakni, kebiasaan olahraga rutin, kedekatan dengan keluarga dan sosal, serta pola makan sehat.

Tapi satu persamaan yang tak terduga yaitu mereka sama-sama suka berkebun hingga usia lanjut.

Lalu, bisakah bercocok tanam membuat kita lebih panjang umur?

Kita tentu sudah tahu bahwa menerapkan gaya hidup luar ruangan alias dekat dengan alam, ditambah dengan aktivitas fisik kerap dikaitkan dengan umur yang lebih panjang.

Nah ketika berkebun, kita akan mendapatkan kedua manfaat tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jika kamu berkebun, kamu melakukan aktivitas fisik dengan intensitas rendah hampir setiap hari, dan kamu cenderung bekerja secara rutin,” kata Buettner.

Buettner mengatakan bahwa sudah banyak penelitian yang dilakukan dan membuktikan bahwa mereka yang rajin berkebun bisa hidup lebih lama, karena stres yang berkurang.

Penelitian juga mengungkap bagaimana berkebun memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Dalam penelitian di Belanda baru-baru ini, peneliti meminta partisipan untuk menyelesaikan tugas yang membuat stres, kemudian membaginya menjadi dua kelompok.

Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.