Kompas.com - 07/10/2020, 18:16 WIB

KOMPAS.com - Kurang tidur atau tidak mendapat tidur yang berkualitas, bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan. Termasuk di antaranya adalah peningkatan berat badan, gangguan hormon, gangguan gula darah, hingga rasa lapar.

Menurut Bridget Murphy, RDN, CDN, pakar diet berlisensi di NYU Langone Medical Center, sangat penting memperhatikan kualitas tidur ketika kita sedang menjalankan program diet.

Untuk memperoleh tidur yang berkualitas, kita harus memperhatikan minuman yang dikonsumsi sesaat sebelum tidur.

Mengonsumsi minuman dengan kandungan kafein seperti kopi dan teh, atau minuman manis bisa mengganggu tidur kita di malam hari. Tidur dalam kondisi perut lapar juga dapat membuat tidur menjadi terganggu.

Namun, Holly Lofton, M.D. di NYU Langone Health menyebut, sebaiknya menghindari konsumsi kalori sebelum tidur, jika kita bertujuan untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Perbaiki Jadwal Tidur, Kunci Turunkan Berat Badan

Selain itu, sebaiknya konsumsi air atau teh lebih dulu sebelum meneguk minuman lainnya.

Apabila kita berniat menurunkan berat badan, ada tujuh minuman yang bisa dikonsumsi di malam hari sebelum tidur.

1. Susu

Segelas susu (dingin atau hangat) membantu kita tidur lebih nyenyak berkat takaran triptofan, salah satu asam amino yang diperlukan tubuh dan kalsium yang sehat. Susu juga memberikan protein, yang membantu mendukung kekuatan dan pertumbuhan otot.

Dengan tidur yang lebih mudah dan nyenyak, berarti kita lebih sedikit memiliki keinginan untuk mengonsumsi camilan karena begadang.

Baca juga: Haruskah Berhenti Minum Susu Saat Sedang Diet?

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber menshealth


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.