Kompas.com - 08/10/2020, 07:07 WIB
Ilustrasi Stretch Mark shutterstockIlustrasi Stretch Mark

KOMPAS.com - Stretch mark merupakan perubahan fisik yang umum terjadi pada ibu hamil. Masalah kulit satu ini muncul karena perubahan fisik ibu hamil yang mengalami kenaikan berat badan.

Stretch mark biasanya mulai terlihat di trimester kedua dan muncul di area-area seperti perut, paha, payudara, dan pinggul.

Beberapa ibu hamil ada yang menerima munculnya stretch mark. Tapi ada pula yang merasa kurang percaya diri dengan penampilannya karena stretch mark membuat kulit terlihat tak mulus lagi.

Selain itu, terkadang stretch mark membuat kulit menjadi kendur serta terasa kering dan gatal karena kelembapannya berkurang.

Namun jangan khawatir, stretch mark yang muncul selama masa kehamilan atau setelahnya bisa dihilangkan dengan intervensi dini.

Kuncinya ibu hamil harus rajin melakukan perawatan kulit jauh sebelum stretch mark muncul. Tapi perawatan kulit yang dilakukan berbeda dengan perawatan pada umumnya.

"Kulit cenderung berubah selama kehamilan. Perawatan kulit rutin yang umum mungkin tidak terlalu efektif. Jadi pahami nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan," kata ahli Ayurveda Dr Prathibha Babshet seperti dikutip IOL.

Baca juga: Cara Alternatif Hilangkan Stretch Mark Lebih Cepat

Dirinya mengatakan, ada dua langkah penting dalam perawatan kulit untuk mengatasi stretch mark selama dan pasca kehamilan. Pertama, memijat kulit dengan minyak zaitun, biji gandum, almond, dan wijen.

Pijat adalah cara paling efektif untuk mengurangi stretch mark karena meningkatkan aliran darah. Selain itu, pijatan ringan membantu membangun elastisitas kulit.

"Ibu hamil harus rutin memijat di area kulit yang mungkin muncul stretch mark sebelum tidur. Gunakan minyak yang diformulasikan khusus," kata Babshet.

Halaman:


Sumber IOL
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X