7 Jenis Olahraga Kardio yang Bisa Dilakukan di Rumah

Kompas.com - 08/10/2020, 08:22 WIB
ilustrasi lompat tali shutterstockilustrasi lompat tali

KOMPAS.com - Ketika berpikir soal olahraga kardio, yang paling sering melintas di pikiran kita adalah lari atau bersepeda. Padahal, kita juga bisa melakukan gerakan kardio lainnya yang sederhana dan bisa dilakukan di rumah.

Latihan kardio yang baik tidak melulu membutuhkan banyak ruang atau peralatan mewah. Dengan sedikit kreativitas, kita dapat menyusun rutinitas kebugaran dengan berbagai latihan kardio yang efektif untuk membangun otot sekaligus membakar kalori.

Berikut sembilan jenis olahraga kardio yang bisa dilakukan di rumah, seperti dilansir Very Well Fit

1. Lompat tali
Lompat tali adalah latihan kardio yang sangat baik dan mampu membakar sekitar 220 kalori dalam 20 menit. Kamu hanya perlu menyiapkan tali dan bisa melakukannya di mana saja.

Namun, lompat tali adalah latihan high impact. Meski terlihat mudah, kamu mungkin perlu melakukan beberapa kali latihan untuk dapat melakukan lompatan yang baik karena pemula mungkin saja akan tersandung.

Untuk hasil terbaik, putar tali dengan pergelangan tangan, bukan dengan lengan, dan mendarat dengan lembut.

Bagi pemula, cobalah melakukan lompatan 10-30 detik secara bergantian selama 5-10 sirkuit. Secara bertahap tingkatkan sesi lompat menjadi lebih lama.

2. Jumping jacks

Jumping jacks dapat membakar sekitar 100 kalori selama 10 menit dan tidak memerlukan perlengkapan atau skill apapun.

Namun, ini juga merupakan latihan high impact, yang mungkin akan membebani sendi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X