Kompas.com - 08/10/2020, 13:33 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Banyak orang kehilangan pekerjaan di tengah masa pandemi. Oleh karena itu, mencari pekerjaan baru menjadi hal yang cukup umum dalam beberapa bulan terakhir.

Tak hanya mereka yang kehilangan pekerjaan, ada banyak pula lulusan-lulusan baru yang memang sedang mencari pekerjaan.

Namun, rekrutmen yang dilakukan mungkin berbeda dari sebelumnya, terutama untuk sesi wawancaranya. Saat ini, mayoritas wawancara kerja dilakukan secara virtual.

Kepala Akuisisi Bakat Global untuk Zoom, Phil Haynes, telah mewawancarai banyak sekali kandidat sejak awal pandemi.

Setidaknya, ada empat kesalahan umum yang biasa dilakukan kandidat ketika melakukan wawancara kerja virtual, di antaranya:

1. Terlalu gelisah dan banyak melihat ponsel
Ketika wawancara kerja secara langsung, banyak melihat ponsel secara diam-diam tentu tidak akan pernah dilakukan. Ingatlah, wawancara video tetaplah sebuah wawancara tatap muka. Jadi, baik kamu sedang berbicara atau mendengarkan, cobalah tetap menghidupkan suasana.

"Tunjukkan dengan bahasa tubuhmu bahwa kamu mendengarkan lawan bicara," katanya, seperti dilansir CNBC.

Mengangguklah, bila perlu condongkan tubuh ke depan, senyum dengan tulus dan pertahankan gerakan seminimal mungkin.

2. Mata bergerak menjelajahi layar
Kita semua memiliki kecenderungan untuk melihat sedikit ke bawah, yakni ke layar bukan kamera. Bahkan, menurut Hayes, para eksekutif di Zoom terkadang juga menghadapi kesulitan ini.

Namun, intinya adalah cobalah berusaha untuk menjaga kontak mata.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X